4 Tips Cara Menulis Artikel yang Baik

Bagaimana cara menulis artikel yang enak dibaca dan informatif ? Berikut ini tips menulis artikel yang baik.

Suka membaca artikel yang banyak tersebar di dunia maya? Ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan jika kita rajin membacanya. Karena memang saat ini artikel-artikel yang ada di web atau blog yang ada di search engine memang menjadi rujukan paling mudah bagi kita yang ingin mendapatkan pengetahuan dasar tentang sesuatu.

Mungkin dulu untuk mengetahui tentang suatu istilah kita harus mencarinya di kamus atau buku ensiklopedia, tapi saat ini tidak lagi, karena apa yang kita cari itu sudah bisa ditemukan dari artikel-artikel blog yang muncul di mesin pencari. Tapi kita juga harus memilah blog mana yang kiranya bisa menjadi rujukan untuk setiap yang kita cari itu. Tentunya kita harus melihat kualitas blognya, yang bisa dinilai dari kualitas setiap artikelnya.

Tentu dengan manfaat yang diberikan blog itu tidak sedikit yang bertanya-tanya dalam hati, bagaimana cara menulis artikel yang baik (enak dibaca dan informatif)? Ini 4 tips cara menulis artikel dengan baik:

1. Judul yang menarik

Sebagai awal yang dibaca orang adalah judul. Jadi usahakan dalam menulis artikel harus menarik. Tapi menarik disini tidak boleh menipu. Misalnya apa yang dijudul harus sama dengan yang ada dalam pembahasan di dalamnya. Karena biasanya pengunjung blog tidak akan kembali lagi berkunjung jika merasa “tertipu” dengan artikel yang kita sajikan.

Sebaliknya artikel yang dari judul dan isinya menarik akan membuat pengunjung ketagihan untuk kembali datang berkunjung untuk mendapatkan pengetahuan baru dari artikel yang ada.

2. Bahasa mudah dipahami

Blog yang bahasanya mudah dipahami akan mendapatkan tempat di hati banyak orang dibanding blog dengan bahasa yang “terlalu tinggi.” Karena itu harus bisa mengevaluasi target pengunjung kita dari kalangan mana?

Alangkah baiknya jika bahasa yang digunakan yang sederhana, sehingga lintas usia pun tidak kesulitan untuk membaca dan memahaminya.

Bagaimana cara mudah mengevaluasi hal ini ? cara yang paling mudah adalah dengan membuat halaman facebook (fanpage) untuk blog kita. disana kita akan tahu di usia berapa saja yang menyukai fanpage kita itu. Karena biasanya pengguna facebook hanya akan memberikan like nya pada fanpage yang mereka sukai atau menarik hati mereka untuk berkunjung setiap saat.

3. Pembasan yang sistematis

Meskipun sebuah blog bahasannya ringan, usahakan untuk menulis artikel dengan sistematis, sehingga pembaca merasa enak untuk membacanya. Buat sub judul yang menarik supaya setiap kali membaca artikel Anda pembaca tahu mereka sedang membaca bagian yang mana.

Usahakan jangan melompat lompat dan mengulang-ulang apa yang sudah ditulis sehingga pembaca menjadi bingung. Misalnya dalam membahas tentang sesuatu, yang dibahas pertama adalah tentang definisi, baru setelah itu apa yang berkaitan dengannya misalnya kegunaan, kelebihan –kekurangan dan contoh- contohnya.

4. Lebih dari yang lain

Saat kita menari di mesin pencari dengan keyword tertentu, mengapa yang muncul paling atas biasanya artikelnya lebih panjang?

Karena mesin pencari, misalnya Google memang lebih sukan yang memberikan informasi lebih kepada penggunanya (pengunjung). Dalam hal ini biasanya yang menjadi penilaian Google adalah isinya lebih lengkap, bahasanya lebih mudah dipahami dan banyak orang yang telah mengunjunginya. Semakin besar 3 point ini dimiliki artikel dalam sebuah blog, biasanya posisi teratas bagi sebuah artikel dalam blog ini lebih kuat (lama), hingga ada yang kualitasnya lebih darinya.

Jadi penting untuk membuat point-point atau kerangka artikel dulu sebelum kita menulis. Dengan adanya kerangka artikel ini kita tidak akan kesulitasn dalam mengembangkan artikel untuk membuatnya lebih detail. Jangan sampai saat kita menulis, ide kita habis karena sebelumnya belum ada point-point sebagai acuan.
(1)

1 Komentar untuk "4 Tips Cara Menulis Artikel yang Baik"

  1. Setuju mas bro. Konten is the King. Laksana toko, judul adalah display yang bertujuan menarik costumer. Sedangkan isi berperan membuat nyaman dan interest untuk kembali lagi.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel