4 Tips Asyik Berselancar di Media Sosial

Tips sederhana berselancar di media sosial ini bisa menjadi pengingat setiap kali kita akan menggunakannya setiap saat.
Social Media Logos on An Art Background by Mike MacKenzie on Flickr

Pernahkah Anda berselancar? Atau jika tidak setidaknya mungkin pernah melihat orang yang berselancar langsung di pantai atau dari layar kaca. Saat mereka berselancar seakan sangat bahagia hatinya karena bisa menyatu dengan deru ombak yang menyegarkan. Meminjam kata “berselancar,” sebaiknya begitulah saat kita menggunakan media sosial (dunia maya). Harus enjoy dan happy dengan tetap menebar manfaat bagi orang lain yang juga melakukan hal yang sama.

Tapi belakangan di media sosial terjadi banyak ketegangan. Jadi fungsinya yang awalnya untuk fun, berubah menjadi saling hujat dan kebencian. Ini tentu bukan membuat pelakunya bahagia, tapi malah gundah gulana, karena bertambah beban dengan apa yang dilakukannya.

Lalu, bagaimana tipsnya untuk tetap asyik menggunakan media sosial?

1. Tetap menjaga kesopanan

Sebenarnya apa yang kita lakukan di media sosial tidak jauh berbeda dengan apa-apa yang kita lakukan di dunia nyata. Bedanya adalah di dunia maya kita berinteraksi dengan lebih banyak orang, yang  sebagian dari mereka bahkan tidak pernah kenal dengan kita. karena itulah mengapa di media sosial kita harus bersikap lebih hati-hati.

Bersikaplah tetap sopan sebagaimana yang biasa kita lakukan di kehidupan sebenarnya. Karena sifat alami manusia pasti lebih menyukai orang yang sopan dibanding yang tidak. Berinteraksi dengan baik dengan semua orang di media sosial akan menguntungkan kita, karena paling tidak kita akan mendapatkan perlakuan yang sama dari mereka.

2.Melakukan hal yang bermanfaat

Update postingan adalah hal penting dalam media sosial, karena dengan melakukannya itu adalah tanda bahwa kita eksis di dalamnya. Tapi dalam update postingan ada hal yang harus dipehatikan.

Apa itu?

Pertama, usahakan untuk update hanya untuk sesuatu yang bermanfaat. Baik dengan menulisnya sendiri atau share dari sumber lainnya, yang kita update harus memberi manfaat pada setiap orang yang membacanya.

Kedua, hindari update postingan yang berpotensi memprovokasi atau membuat pihak lain merasa tidak nyaman.

Ada banyak sumber referensi di medis sosial yang setiap hari menghasilkan konten-konten yang bermanfaat. Saat kita mungkin ingin update postingan, tapi belum ada ide, kita bisa dengan cukup men-share dari sumber-sumber referensi tadi, baik dari website, blog, fanpage, dll

3. Hindari perdebatan

Di media sosial yang besar seperti facebook (fb), kadang kita tanpa sengaja ikut komentar pada status teman yang tidak jarang berakhir pada perdebatan. Hal ini tentu pada akhirnya akan membuat kita untuk malas menggunakan media sosial itu lagi. Karena itu yang harus diingat, sebelum kita melakukannya coba untuk berpikir ulang, jika kita komen seperti ini, dampaknya seperti apa.

Hal ini penting, karena tidak jarang ada status teman kita yang mengandung homor tapi ternyata menyudutkan orang lain. Ada status yang menjelaskan sesuatu dengan gamblang tapi di sisi lain merugikan pihak lain.

4. Jika harus berdebat tetap jaga adab

Tapi memang dalam berinteraksi di media sosial, kadang kita sudah menjaga diri, tapi juga harus berdebat dengan yang lainnya, misalnya untuk meluruskan sesuatu yang salah yang jika tidak dibenarkan akan mempengaruhi yang lainnya.

Jika hal itu terjadi, tetaplah meluruskan dengan tetap menjaga adab. Caranya dengan menyampaikan kebenaran tanpa emosi dan apa-apa yang kita sampaikan harus ada dasarnya. Misalnya jika itu berkaitan dengan agama, maka yang kita sampaikan harus ada dalil-dalil pendukungnya yang kuat.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang media sosial. Semoga dengan sharing tentang tips sederhana berselancar di media sosial ini bisa menjadi pengingat setiap kali kita akan menggunakannya setiap saat.
(0)

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel