Langkah-Langkah Membuat Blog Mulai dari Daftar hingga Pengaturan Awal

Bagaimana cara membuat blog di platform blogger?

    Cara membuat blog
    Ilustrasi : CREATE YOUR BLOG

    Oke jika saat ini Anda sudah memutuskan untuk memilih platform blogging dari Google, Blogger.com, selanjutnya mari langsung kita bahas tentang bagaimana cara membuat blog di platform tersebut. Tak hanya itu, Anda juga akan kami ajak untuk mengenal beberapa pengaturan awal yang penting untuk segera dikuasai sebelum mulai menambahkan entry baru ke dalam blog.

    Akun Gmail, Persyaratan Membuat Blog di Blogger.com

    Pada dasarnya tak banyak persyaratan yang perlu Anda siapkan mengingat tujuan diciptakannya Blogger.com sendiri adalah untuk memudahkan saling berbagi. Meski begitu, ada satu syarat mutlak yang diminta penyedia layanan ini, yaitu sebuah akun Google atau Gmail. Ya, Anda setidaknya harus memiliki sebuah akun Google untuk bisa terhubung ke platform Blogger.com.

    Akun Gmail tersebut, terlepas itu akun pribadi atau lainnya, digunakan untuk login ke Blogger.com. Anda juga bisa saja membuat akun baru jika memang belum pernah punya akun Google sebelumnya. Ingat untuk selalu menghafal password atau mencatatnya agar Anda bisa login kembali ke Blogger.com dari perangkat lain, smartphone misalnya.

    Mendaftar Blog

    Setelah Anda memastikan ada akun Gmail yang ingin digunakan unutk terhubung ke platform Bloggr.com, berikutnya adalah mendaftarkan akun tersebut ke layanan, caranya
    1. Anda bisa mengunjungi blogger.com dengan cara melakukan pencarian di aplikasi browser laptop atau smartphone hingga mendapatkan link ke layanan. Pilihan lain, Anda juga bisa mengakses blogger.com dari aplikasi Blogger smartphone atau laptop.
    2. Setelah layanan tersebut terbuka, lanjutkan dengan klik opsi "Buat Blog" kemudian login menggunakan akun Gmail yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Isikan email atau ponsel di popup login lanjutkan ke Blogger yang selanjutnya menampilkan popup untuk menginput password untuk memverifikasi login tersebut. Jika browser sudah menyimpan akun google, maka kemungkinan Anda tidak perlu melakukan proses login ini. 
    3. Saat proses login Anda berhasil, maka Blogger akan menampilkan halaman popup Daftar Blog > Buat blog baru. Nah pada popup ini, Anda bisa mengetikkan nama blog di kolom Judul yang tersedia lalu mengisikan url yang nantinya menjadi link ke blog di kolom Alamat. 
    4. Pada saat menginput alamat, lakukan dengan sabar sebab Anda mungkin perlu mencobanya beberapa kali karena alamat yang bermasalah misalnya tidak valid, tidak didukung dan sebagainya. Terus lakukan hingga alamat tersebut tersedia dengan tanda centang. 
    5. Masih pada halaman tersebut, Anda juga bisa langsung memilih template desain blog yang telah disediakan. Tak perlu mempertimbangkan terlalu lama, sebab template ini hanya digunakan untuk sementara saja. 
    6. Setelah Anda merasa yakin dengan nama dan alamat url tersebut, klik tombol Buat Blog! di pojok bawah.
    7. Sesaat setelah menekan tombol buat blog, Google akan menawarkan Anda layanan pencarian domain untuk blog dan menghubungkannya. Untuk Anda yang sudah memilih layanan tertentu atau belum berminat dengan domain berbayar, lanjutkan dengan klik Lain Kali untuk menutup tampilan tersebut.

    Sampai di sini, Anda sudah berhasil membuat blog dan siap untuk diisi dengan entry atau postingan konten sesuai dengan tema ataupun topik. Namun demikian, Anda juga perlu melakukan beberapa pengaturan awal atau pengaturan dasar untuk lebih memudahkan aktifitas blogging selanjutnya.


    Pengaturan Dasar Blog

    Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait pengaturan dasar Blogger yang akan memudahkan pengelolaan sekaligus memaksimalkan potensi dan kinerja dari blog yang Anda buat tersebut. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan kuasai untuk pengaturan dasar tersebut ada di Panel Dashboard. Panel ini terletak di bagian kiri dengan menu yang terdiri dari Postingan, Statistik, Komentar, Halaman, Tata Letak, Tema hingga Setelan.
    • Untuk melakukan beberapa pengaturan klik menu Setelan lalu pilih Dasar. Dari menu Dasar ini, Anda bisa mulai mengisi kolom Deskripsi sesuai dengan penjelasan tentang blog yang Anda buat mulai dengan klik link Edit. Anda bisa menjelaskan blog tersebut dengan paragraf maksimal 500 karakter saja. Hindari bertele-tele di bagian ini, buat deskripsi secukupnya biarkan isi yang bicara. Setelah kolom tersebut terisi, klik tombol Simpan perubahan.
    • Setelah Setelan Dasar, lajutkan ke menu berikutnya yaitu Postingan, komentar dan berbagi. Sesuaikan jumlah postingan yang ditampilkan di hamana utama dengan mengganti angka 7 dan satuan updatenya. Misalnya jika Anda ingin ada 5 posting yang ditampilkan di halaman utama, maka rubah menjadi 5 - posting. Atau jika Anda ingin menampilkan postingan selama 6 hari terakhir muncul di halaman utama, maka rubah menjadi 6 - hari. Lalu pada bagian komentar di bawahnya, Anda bisa engatur siapa saja yang bisa berkomentar dengan memilih sesuai keinginan, misalnya hanya memperbolehkan pengunjung yang memiliki akun google saja atau anggota blog saja. Anda juga bisa memutuskan apakah setiap komentar memerlukan moderasi Anda sebagai pemilik blog atau tidak.
    • Berikutnya masuk ke menu Bahasa dan Pemformatan, dimana Anda bisa mengatur bahasa tampilan yang diterapkan pada blog Anda. Selain itu Anda juga bisa mengatur fungsi terjemahan sesuai kebutuhan hingga menyesuaikan zona waktu maupun format tanggal. 

    Untuk saat ini Ada sudah selesai membuat sebuah blog baru di Blogger.com serta menyesuaikan beberapa pengaturan mendasar. Beberapa penjelasan di pengaturan blog tersebut bisa saja disesuaikan dengan kebutuhan spesifik blog Anda. Tidak menutup kemungkinan Anda memiliki preferensi setelan Anda sendiri untuk blog yang memiliki tujuan yang spesifik pula. Jadi bisa saja Anda memiliki nilai setelan yang berbeda dari apa yang disebutkan dalam tutorial ini.

    Blogger.com sendiri memang bisa diakses dengan banyak cara mengingat Anda hanya membutuhkan akun Gmail untuk bisa terhubung ke layanan menulis tersebut. Dengan login menggunakan akun tersebut, Anda bisa menulis dari mana saja menggunakan perangkat apa saja yang terhubung ke internet. Untuk bisa menggunakan blogger dari perangkat, Anda bisa menggunakan aplikasi atau software browser seperti Chrome, Edge, Opera, Firefox dan sebagainya.

    Tak harus selalu menggunakan perangkat komputer atau laptop, Anda juga bisa mengakses Blogger.com dari smartphone dan mulai membuat draft maupun melanjutkannya. Anda bahkan juga bisa mendapatkan versi aplikasi mobile dari penyedia aplikasi masing-masing OS. Menggunakan aplikasi Blogger akan memunginkan Anda untuk mendapatkan manfaat yang lebih untuk aktifitas blogging Anda.

    Selanjutnya, mungkin Anda tertarik untuk melakukan beberapa setelan lanjut meliputi menyesuaikan tampilan melalui template hingga merubah layout blog. Untuk melakukan semua itu, Anda juga tidak akan kesulitan karena cara yang akan Anda lakukan pada dasarnya juga cukup sederhana dan tdak membutuhkan waktu yang lama.

    Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara membuat sebuah blog dari platform Blogger.com. Dengan kelebihannya yang cenderung sederhana namun fungsional, harus diakui bahwa platform menulis yang satu ini masih sangat menjanjikan untuk dimanfaatkan sebagai media menulis yang bisa saja memberikan manfaat bagi Anda. Selamat mencoba.
    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel