Cara Mengganti Template Blogger dan Mengoptimalkan Tampilan Blog

Bagaimana cara mengganti template blogger dan mengoptimalkan tampilan blog?
bagaimana cara mengganti template blogger?
Ilustrasi : blogging concept illustration istockphoto.com

Tak dapat dipungkiri bahwa tampilan menjadi salah satu aspek penting yang perlu mendapat perhatian para blogger. Tampilan blog yang mudah dan menarik dapat meningkatkan keterbacaan konten dan memberikan kesan profesional serta meyakinkan para pembaca. Untuk menyesuaiakan tampilan ini, Anda bisa memanfaatkan pengaturan template yang telah disediakan di blogger.com. Caranya?

Mengenal Template dan Cara Menggunakannya di Blogger.com

Template sendiri bisa dikatakan sebagai tema yang mengatur bagaimana tampilan blog yang meliputi padanan warna, tata letak hingga huruf digunakan. Meskipun template yang memudahkan Anda mengatur tampilan blog ini bisa diatur belakangan setelah Anda menambahkan beberapa konten, namun ada pula beberapa blogger yang langsung mengaturnya pada saat inisiasi awal blog. Apapun itu, kembali pada preferensi masing-masing.

Pada blogger.com juga disediakan sejumlah template default yang bisa langsung dipilih, contohnya pada saat Anda akan membuat blog baru. Anda bisa langsung melihat sendiri beberapa desain template lengkap dengan preview sehingga bisa Anda bayangkan kecocokannya dengan konten blog Anda. Template yang disediakan gratis tersebut sayangnya dianggap terlalu sederhana dan terkesan mainstream oleh mayoritas blogger.

Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan template yang ditawarkan oleh pihak lain. Menggunakan cara ini dinilai lebih sederhana, kecuali Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan coding. Hadir dengan lebih banyak varian, besar kemungkinan Anda merasa cocok dengan desain template pihak ketiga.

Download dan Ekstrak Template Blogger

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak penyedia template blogger.com mulai dari yang gratis hingga berbayar. Hal yang mungkin cukup menyita waktu adalah menemukan 1 yang paling sesuai dengan konten atau keinginan Anda. Cara paling mudah untuk menemukan template ini bisa Anda lakukan dengan cara googling dengan keyword "blogger template" yang berujung pada download file arsip. File arsip (.zip atau .rar) yang telah Anda download tadi perlu diekstrak terlebih dahulu untuk mendapatkan file dengan ekstensi .xml. Gunakan software pengelola arsip yang sesuai untuk melakukan ekstrak arsip baik di perangkat laptop maupun smartphone. Pastikan pula Anda mengetahui dimana lokasi file .xml tadi ditempatkan setelah dikeluarka dari arsip. 

Memasang Template Blogger

Urutan langkah yang bisa Anda lakukan untuk memasang template tersebut antara lain;
  1. Login Blogger.com.
  2. Masuk ke menu "Tema" lalu klik ikon opsi (titik tiga).
  3. Klik "Pulihkan" dan pilih "Upload".
  4. Setelah itu, Anda bisa memilih file template (.xml) yang Anda dapatkan sebelumnya.
  5. Setelah proses penerapan template baru tersebut selesai, Anda bisa langsung cek alamat blog Anda untuk melihat hasilnya. Jangan panik saat melihat beberapa widget yang terlihat berantakan. Anda hanya perlu menyesuaikannya kembali.

Selesai, itulah cara mudah untuk memasang template untuk Blogger.com yang banyak disebut rumit oleh pemula. Selain template, Anda mungkin juga bisa melengkapi elemen dengan Favicon (Favorite Icon) agar tampilan lebih konsisten menggunakan ikon yang Anda desain sendiri. Bahkan Anda juga bisa mengganti judul blog dengan gambar logo untuk lebih meyakinkan pembaca dan sebagainya. 

Apapun yang akan Anda lakukan dengan tampilan blogger.com, satu hal yang perlu Anda ingat adalah visual tersebut merupakan penunjang konten yang berkualitas. Jadi usahakan agar jangan sampai tampilan tersebut justru mengganggu visibilitas konten. Agar tidak tumpang tindih, Anda pun juga perlu memperhatikan visual demi mengakomodir penyampaian konten kepada pembaca.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mengoptimalkan Blog

Untuk mengoptimalkan tampilan blog, ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan antara lain 

Theme

Tampilan memang bisa dipengaruhi oleh selera. Namun pada umumnya, blogger lebih memilih theme yang cenderung bersih, rapi dan berkesan elegant. Pertimbangan lain yang juga sering diprioritaskan adalah masalah responsifitas dan kompatibilitas dengan berbagai browser dari perangkat seperti smartphone dan laptop. Anda bebas memilih diantara theme gratis maupun berbayar yang paling ideal dengan kebutuhan dan keinginan.

Sidebar

Sesuai dengan namanya, sidebar adalah area di sisi tampilan blog yang dapat diisi dengan banner maupun iklan. Sidebar memang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan, namun tetap pastikan bahwa Anda memanfaatkannya secara bijaksana. Terlalu mengeksploitasi sidebar bisa saja berakibat pada visibilitas konten yang terganggu sehingga pembaca tidak bisa fokus pada konten. Selain bisa membebani pembaca, sidebar berlebih juga bisa mengganggu performa blog.

Ukuran Gambar

Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah ukuran gambar. Penyesuaian ukuran gambar ini memang bisa dilakukan dengan pemahaman kode situs. Dengan kode ataupun fitur spesifik, gambar yang Anda unggah ke blogger.com akan disesuaikan ukurannya dengan halaman blog. Tanpa coding atau fitur ini, maka blog Anda akan menampilkan gambar unggahan tersebut apa adanya sesuai ukuran yang Anda upload. Hasilnya ukuran yang terlalu besar akan membuat loading halaman semakin berat bagi pembaca atau mungkin fokus gambar yang ditampilkan menjadi tidak sesuai. Tentunya Anda tidak menginginkan hal ini bukan? Selain menggunakan fitur di blogger.com Anda juga bisa melakukan editing gambar tersebut menggunakan aplikasi pihak ketiga sebelum mengupload.

Navigasi yang Mudah

Ketika konten dalam blog Anda semakin banyak, pertimangkan untuk membuat kategori untuk konten-konten yang relevan. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca dalam menemukan konten yang dibutuhkannya. Anda bisa mengorganisasi konten dengan memilahnya ke dalam beberapa subkategori sehingga menjadi menu navigasi yang mudah dan terstruktur juga bisa membuat pembaca betah berlama-lama di dalam blog Anda. Cara termudah melakukan pengelompokan konten ini adalah pada awal Anda membuat blog sehingga setiap konten yang Anda buat bisa langsung ditandai ke ktegori tertentu.

Post Terkait

Related post yang berupa link ke konten lain dalam blog Anda juga menjadi salah satu elemen yang harus Anda sediakan. Dengan begitu, peluang pengunjung untuk lebih betah berada dalam blog Anda menjadi semakin tinggi. Ini karena mereka terus mendapatkan bahan bacaan berikutnya yang memang bermanfaat atau ada kaitannya dengan minat mereka. Dengan begitu, Anda seakan menjadi seorang profesional yang memahami benar permasalahan dan minat klien. Hasilnya, selain membuat blog terlihat lebih profesional juga meningkatkan performa blog.

Format Penulisan

Untuk konten yang berupa tulisan atau artikel, Anda pun perlu menerapkan format yang baik. Umumnya, platform blogging saat ini sudah menyediakan pengaturan format tulisan supaya konten yang disajikan lebih terstruktur. Mirip dengan penulisan karya ilmiah atau skripsi, Anda harus menerapkan aturan Heading dan Sub-heading yaitu h1, h2, h3 dan seterusnya yang menandai point pembahasan atau judul hingga sub judul serta penggunaan bullet & numbering dalam mengelompokkan rincian.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda terapkan pada saat membuat blog agar memiliki tampilan yang tak hanya menarik, tapi juga menunjang performanya. Anda bisa menyesuaikan template, tema hingga berbagai elemen penting dalam blog agar membuat pembaca merasa nyaman dan puas dengan apa yang Anda tawarkan dalam blog tersebut. Dengan begitu, pembaca menjadi lebih mudah untuk dipersuasi sesuai dengan tujuan pembuatan blog tersebut.


Bagaimana? Anda punya tips dan trik lain untuk mengoptimalkan tampilan blog? 

Jangan lupa comment dan kasih tepuk tangan ya :-)


Sumber :
https://support.google.com/blogger/answer/176245?hl=id
https://www.wikihow.com/Install-a-Template-on-Your-Blogger-Blog
(0)

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel