Cara Posting dan Membuat Halaman Statis di Blogger.com

Cara posting artikel dan membuat halaman statis di blogger.
semrush.com
Jadi Anda sudah menyelesaikan tahap pembuatan blog melalui platform blogger.com? Nah kini saatnya Anda mulai mempelajari cara mengisi blog yang baru tersebut dengan konten. Yang dimaksud sebagai konten ini bisa saja berupa gambar, video, produk, data dan lain sebagainya yang kemudian dideskripsikan lebih lanjut menggunakan tulisan atau artikel. Mengisikan artikel ke blogger.com pun juga bisa dibilang sangat mudah dipelajari dan mudah dilakukan.

Yang Perlu Anda ketahui Sebelum Mempelajari Cara Posting di blogger.com

Pada dasarnya, kegiatan posting di blogger.com adalah mengunggah tulisan lengkap dengan elemen lain yang relevan agar kemudian bisa ditampilkan dalam blog. Mekanisme posting pun juga cukup mudah dimana Anda sebagai kontributor blog cukup mengklik sebuah tombol agar tulisan yang sudah dibuat tersebut dipublikasikan segera atau sesuai jadwal.

Anda yang sering berkirim email, atau bekerja menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, mungkin akan segera merasa familiar dengan tampilan editor di blogger.com. Nah apabila Anda merupakan blogger pemula yang saat ini sedang mempelajari bagaimana melakukan posting artikel ke platform blogger.com, mari kita bahas apa saja yang perlu untuk diketahui

Tentang Post Editor di Blogger.com

Bisa dikatakan bahwa post editor ini adalah tempat dimana Anda melakukan editing terhadap segala postingan sebelum meeka diunggah. Atau katakanlah, ini adalah aplikasi pengolah kata bawaan yang disediakan blogger.com untuk para penggunanya. Anda bisa mengakses post editor ini dengan cara mengklik ikon pensil yang ada di dashboard Blogger.com.

Perlu Anda ketahui pula bahwa post editor ini terbagi ke dalam 2 mode penulisan yang disesuaikan untuk preferensi pengguna. Kedua mode yang dimaksud yaitu mode Compose (default) dan mode HTML. Nah, agar Anda bisa melakukan editing teks sebelum mempublishnya, mari kita bahas kedua mode tersebut satu per satu.

Mode Compose

Mode compose ini menawarkan opsi editing tulisan yang lebih familiar bagi sebagian besar pengguna biasa. Dengan tampilan yang mirip dengan software pengolah kata populer, Microsoft Word, Anda tidak akan kesulitan dalam mempelajari mode editor ini. Anda bisa langsung menggunakan berbagai tools seperti font, gambar dan video yang bisa langsung diakses dengan cepat.


Untuk memudahkan Anda mempelajari mode editor in, berikut beberapa ikon yang ditampilkan pada mode compose
  • Undo Redo; tombol Undo digunakan untuk membatalkan perubahan terakhir, sementara Redo adalah membatalkan Undo atau mengulang perintah terakhir.
  • Font Style; digunakan untuk menyesuaikan font (huruf) dimana jenis font (F) untuk merubah jenis font seperti Arial, Times New Roman, Georgia dan sebagainya. Sementara ukuran font (TT) untuk menyesuaikan besar kecilnya font. Anda juga bisa mengaur font unutk heading dari menu dropdown yang tersedia.
  • Font Attribute digunakan untuk menerapkan formatting tertentu seperti Bold (B) untuk membuat teks tebal , Italic (I) untuk membuat teks menjadi bercetak miring, Underlined (U) menambahkan garis bawah pada teks, Stike untuk menambahkan coretan di tengah teks.
  • Font Color (A) untuk merubah warna font
  • Background Color (ikon bergambar stabilo) untuk memberikan warna background pada teks
  • Link untuk menambhkan tautan pada teks
  • Gambar untuk mengunggah gambar ke blogger.com untuk digunakan pada tulisan tersebut
  • Video untuk mengunggah video ke blogger.com yang aka dipasangkan pada postingan tersebut
  • Perataan paragraf; untuk membuat paragraf menjadi rata kiri, rata kanan, rata kiri kanan atau rata (justify)
  • Numbering; untuk membuat daftar penomoran
  • Bullet; untuk membuat daftar poin
  • Quote; menampilkan teks tertentu yang dianggap penting melalui tampilan yang berbeda
  • Remove Formatting (ikon huruf T disilang); untuk membersihkan semua modifikasi atau formatting pada tulisan
  • Spelling; untuk memeriksa adanya ejaan tulisan yang salah (English)

Anda akan cepat terbiasa dengan mode compose default ini karena cara menggunakannya memang tak jauh berbeda dari aplikasi pengolah kata yang lain. Sementarabagi blogger yang, katakanlah lebih mahir, biasa menggunakan editor HTML yang memungkinkan mereka melakukan editing, formatting dan sebagainya dengan lebih cepat dan mudah.

Mode HTML


Mode ini bisa dikatakan hanyabagi mereka yang memiliki pemahaman coding karena editor menggunakan bentuk script, mulai untuk edit teks hingga gambar semua ditampilkan berupa script source. Bagi orang awam yang tidak memiliki basic tentang HTML, tentu saja editor semacam ini dinilai rumit dan tidak mudah mereka pelajari.

Namun yang perlu diketahui, melakukan editing dari mode HTML ini bisa jauh lebih cepat karena Anda bisa melakukan banyak hal tanpa bergantung pada ikon yang ditampilkan pada editor saja. Dengan tampilan yang juga lebih ringkas, Anda yang sudah hafal benar dengan HTML dapat melakukan post dengan lebih efisien.

Sidebar Post Editor 

Bar yang berada di kanan post editor ini menampilkan beberapa menu penunjang edit artikel, antara lain

  • Label; digunakan untuk mengelompokkan berbagai postingan sejenis ke dalam label tertentu
  • Jadwal Posting; berisi pilihan tanggal kapankah tulisan tersebut akan diunggah
  • Tautan Permanen; yaitu alamat yang digunakan agar orang bisa mengakses posting tersebut. Biasanya terdiri atas alamat blog/tahun posting/bulan posting/keyword posting. URL ini bisa diedit.
  • Lokasi Posting; yang menyebutkan lokasi terkait tulisan tersebut.
  • Deskripsi Posting; menjelaskan isi postingan dalam jumlah kata/ karakter yang terbatas dimana penjelasan ini akan dipajang di halaman hasil pencarian.
  • Opsi Posting; misalnya digunakan untuk menampilkan komentar ataukah tidak dan sebagainya.
Dengan memahami fitur dan tools yang disediakan pada editor tersebut, Anda bisa membuat tulisan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Setelah tulisan dan berbagai elemen lainnya seperti gambar penunjang sudah Anda selesaikan, lanjutkan dengan mengklik tombol "Publish" untuk segera mempublikasikan tulisan tersebut. Mudah sekali bukan?

Cara Membuat Halaman Statis

Mirip dengan postingan biasa, halaman statis juga merupakan tulisan yang juga diedit dari post editor blogger.com. Halaman statis, seperti namanya, sifatnya tetap, atau sangat jarang bahkan tidak diupdate. Bukannya berisi konten yang biasa dibaca pengunjung, halaman ini cenderung digunakan untuk identitas dan keperluan lain misalnya halaman Disclaimer, Tentang Saya, Kontak Saya dan sebagainya.


Halaman statis biasanya juga tidak ditampilkan pada halaman depan atau halaman utama blog karena berisi konten yang tidak selalu diperbarui dan hanya dibutuhkan pembaca sesekali saja. Halaman ini juga tidak diarsipkan berdasar tanggal dan tidak terkait pada kategori, label maupun author tertentu.
Untuk membuat halaman statis ini uga tidak berbeda dengan membuat postingan reguler di blogger.com antara lain dengan cara;
  1. Masuk ke dashboard blog lalu klik menu "Halaman" untuk membuat halaman baru.
  2. Isikan judul dan konten halaman statis sesuai kebutuhan lalu klik "Publikasikan" setelah dirasa selesai.
Nah, untuk menampilkan link ke halaman statis ini, Anda perlu membuat widget atau dalam blogger.com disebut sebagai Gadget dengan cara
  1. Masuk ke menu "Tata Letak" dari Dashboard blog.
  2. Klik tombol "Tambahkan Gadget" dan pilih "Laman" untuk memberikan tanda centang pada halaman statis yang ingin Anda tampilkan di Gadget tersebut.
  3. Jika dirasa sudah selesai, klik "Simpan"
Anda akan melihat gadget yang da di seidebar blog menampilkan link ke halaman statis yang Anda buat tadi. Jika dirasa kurang sesuai, Anda juga bisa merubah letak widget sesuai keinginan, atau bahkan tidak memasangnya. Sementara widget yang biasanya dipajang antara lain Entri Populer, Label, Arsip dan Profil. Namun tetap pastikan bahwa Widget yang digunakan tidak mengganggu kenyamanan pengunjung.

Demikianlah cara posting di blogger.com dan cara membuat halaman statis yang perlu Anda ketahui, utamanya jika Anda baru membuat blog dan belum terbiasa dengan hal-hal yang ada di dalam platform blogging milik Google ini. Semoga bermanfaat.
(0)

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel