Daftar Kesalahan Umum Blogger Pemula dan Bagaimana Menghindarinya

Ada beberapa kesalahan yang harus diperhatikan oleh blogger pemula
kesalahan blogger pemula

Adalah suatu hal yang wajar bagi pemula, baik dalam bidang apapun, untuk melakukan suatu kesalahan. Ya, kesalahan seakan menjadi hal yang lumrah bagi manusia dan tak terkecuali dalam hal membuat blog dan mengelolanya hingga mendapatkan hasil sesuai harapan. Kesalahan juga bisa menjadi bagian dari proses belajar yang dilakukan seorang blogger sehingga tak terulang di lain kesempatan. Namun apakah Anda juga harus mengalami kesalahan umum yang dilakukan oleh pemula?

Belajar dari Pengalaman Para Blogger Pemula Sebelum Anda

Jika Anda menginginkan hasil maksimal atau bahkan penghasilan tambahan dari blogger.com, tentu saja Anda perlu melakukan usaha ekstra. Setidaknya ada beberapa kesalahan umum yang umumnya dilakukan oleh orang yang baru membuat blog atau belum lama menjalankan blognya. Dengan mengetahui kesalahan umum ini, Anda bisa belajar dari pengalaman mereka yang sudah melakukannya sehingga proses membangun blog yang Anda rintis saat ini bisa menjadi lebih optimal.

Tidak Melakukan Targetting  

Bisa dikatakan ini menjadi kesalahan umum yang pertama dimana para blogger pemula cenderung memulai blog hanya dari sudut pandang diri sendiri. Padahal, jelas tujuan mereka membuat blog dan mempublikasikannya adalah agar dibaca lebih banyak orang dan menggerakkan mereka untuk melakukan sesuatu atau lainnya sesuai harapan. Bisa dikatakan blogger terlalu idealis ini tidak menganalisa siapa saja yang berminat membaca blognya dan tidak tahu apa yang diinginkan oleh para pembaca sesuai niche. Maka dari itu, lakukan targetting audiens sebelum membuat blog. pastikan pula bahwa konten membahas hal yang memang dibutuhkan oleh pembaca, bukan apa yang Anda ingin bahas semata.

Mengabaikan tentang Topik dan Niche

Dalam membuat blog, Anda tidak dituntut untuk mejnadi solusi dari segala permasalahan pembaca. Biasanya, pemula melakukan kesalahan dengan berusaha menyajikan sebanyak mungkin konten yang nyatanya kurang relevan dengan topik blog. Padahal justru hal seperti ini membuat blog menjadi tidak jelas alias tidak terdefinisi. Ini membuat blog menjadi sulit diingat oleh pembaca karena blog tidak memiliki niche terfokus dan bernilai. Batasi pula topik spesifik yan diulas dalam blog. Terlalu banyak membahas topik bisa membuat Anda kewalahan atau bahkan kehilangan fokus pada tujuan utama blog yang Anda buat tersebut.

Asal-Asalan Membuat Judul 

Judul merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon pembaca blog. Sayangnya, banyak pemula yang mengabaikan kekuatan headline yang akhirnya menghancurkan semangat membuat blog. Judul tanpa dirumuskan, sekedar lucu atau bahkan asal memancing pembaca (click bait) dan tidak memberi kejelasan tentang isi posting menjadi hal yang biasanya dilakukan oleh pemula. Untuk itu, Anda sebaiknya membuat judul maksimal 70 karakter namun jelas menginformasikan bahwa tulisan tersebut sangat berharga bagi pembaca. Anda juga bisa mencoba merumuskan judul dari kata kunci dan elemen lain yang lebih relevan.

Membuat Konten yang juga Sekedarnya

Blogger pemula yang bersemangat kebanyakan hanya mengejar jumlah post perharinya dengan judul yang memancing pembaca dan mengesampingkan kualitas tulisan. Padahal struktur posting, bobot tulisan dan editorial yang cukup lebih layak untuk mendapatkan perhatian dan energi Anda. struktur postingan yang baik meliputi gambar fitur dan penggunaan sub headline yang tepat akan meningkatkan nilai keterbacaannya. Begitu pula dengan riset dan menuliskan temuan yang membutuhkan waktu sehingga menghasilkan tulisan yang benar-benar berbobot dan bermanfaat bagi pembaca. Anda juga perlu meluangkan waktu untuk melakukan editing menggunakan pemeriksa ejaan atau spell checker sesuai bahasa yang digunakan. Terlalu banyak salah eja (typo) membuat pembaca lebih sulit mencerna tulisan Anda karena proses membaca terjeda oleh salah ketik. Blog Anda pun bisa dianggap tidak profesional.

Baca : Bagaimana cara menulis artikel yang enak dibaca dan informatif ?

SEO yang Keterlaluan

Search Engine Optimisation (SEO) memag bisa menjadi salah satu cara agar blog Anda menjadi lebih mudah ditemukan calon pembaca sekaligus membuat blog menjadi lebih berkualitas. Umumnya para pemula yang terlalu memperhatikan SEO, justru terjebak dengan konten yang lebih sulit dibaca oleh manusia karena tulisan yang dibuat sedemikian rupa untuk mengangakali mesin. Atau bahkan sebaliknya, sekedar membuat konten tanpa menambahkan unsur SEO akan membuat artikel bermutu tersebut sangat bergantung pada kemampuan share bloggernya. Tetaplah terapkan SEO  meskipun sederhana misalnya dengan memanfaatkan plugin yang telah tersedia atau dengan memastikan bahwa postingan Anda sudah sesuai dengan SEO bawaan Blogger.com.

Terlalu Memusingkan Tampilan

Kesalahan lain yang juga cukup sering dilakukan oleh pemula adalah terlalu banyak menghabiskan waktu untuk tampilan. Padahal masih banyak hal lain yang membutuhkan fokus dan energi seperti yang sudah dibahas di atas. Anda sebaiknya lebih mengutamakan kepada kualitas konten dan mempromosikannya agar lebih cepat berkembang. Tampilan memang memegang peran yang penting, karena tampilan ikut menentukan seberapa betah pembaca tetap di blog Anda. ( Baca : Bagaimana cara mengganti template blogger dan mengoptimalkan tampilan blog? )  Namun ingat pula bahwa masih ada banyak hal yang lebih membutuhkan perhatian Anda. Jadi sebaiknya jangan terlalu memusingkan tampilan, selama Anda sudah melakukan test kompatibilitas untuk berbagai platform browser.

Kelola Sekedarnya

Tak sedikit blogger pemula dengan semangat menggebu di minggu-minggu pertamanya sambil memimpikan penghasilan lumayan dari blog tersebut. Faktanya, butuh lebih dari sekedar mingguan untuk membuktikan kesuksesan blog. Di sini, blogger akan diuji semangat dan kreatifitasnya untuk terus mengelola blog secara konsisten hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun meskipun hasil yang diharap tak kunjung terlihat. Anda harus mempertahakan ritme upload konten baru berkualitas, bijaksana beriteraksi dengan para pembaca hingga mengupdate algoritme mesin pencari. Selain itu Anda juga bisa melakukan mapping, membuat kalender editorial dan rajin mencari celah untuk memperkenalkan konten ke media sosial.

Ingin Serba Instan 

Sebagian besar blogger mengharapkan efek yang sifatnya cepat, entah itu bagi bisnis yang diwakili atau sebagai sumber penghasilan. Dalam beberapa kasus, hasil instan memang bisa dialami oleh brand ataupun bisnis. Namun ketahuilah pula bahwa untuk bisa memiliki blog yang berhasil, Anda membutuhkan usaha yang panjang dan bisa saja sangat menguji kesabaran dan kreatifitas. Di sini Anda perlu membuat rencana yang realistis terkait intensitas posting yang berkualitas, mendukung SEO, persuasif lalu membagikannya di media sosial. Lakukan secara konsisten setidaknya selama 6 bulan baru Anda layak memeriksa hasilnya. Yang jelas, kesuksesan di dunia blogging bukanlah suatu hal yang bisa diraih secara instan.

***

Demikianlah beberapa kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh blogger pemula. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan ini dan cara yang bisa Anda coba untuk mencegah dan mengatasinya, proses membuat blog dan mengelolanya di kemudian hari bisa menjadi lebih mudah bagi Anda. Dengan begitu, berapapun jumlah blog baru yang akan Anda buat dan kelola bisa mendapatkan hasil sesuai harapan. Kalaupun Anda melakukan satu kesalahan lain selain dari beberapa yang telah disebutkan di atas, pastikan bahwa kesalahan tersebut menjadi bagian dari proses belajar Anda. Semoga bermanfaat.

(8)

8 Komentar untuk "Daftar Kesalahan Umum Blogger Pemula dan Bagaimana Menghindarinya "

  1. Terima kasih, tulisan ini sangat bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya.

    Sedikit share pengalaman..
    Awal menulis di blog tujuan saya pingin berbagi ilmu, namun setelah mengenal adsense lantas diri ini mencoba berjudi dengan diri sendirišŸ˜€
    Asal nulis, minim pengetahuan SEO dan akhirnya hasilnya jauh dari harapan..

    Apa mau dikata itulah kenyataan terburuk.

    Namun setelah beberapa saat saya coba belajar menemukan hal semestinya yg harus di lakukan blogger..
    Singkatnya...

    Kembali pada motivasi awal, coba buat artikel yg bagus dengan melewati riset kata kunci dan coba temukan gaya bahasa dan target pembaca..

    Sekarang sedikit demi sedikit ada hasil walaupun harus terus belajar.

    Semoga kita para blogger bisa jadi lebih baik dari ke hari.

    Salam santun

    biropesona.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks share pengalamannya, terus belajar !

      Hapus
  2. Iyha saya pernah mengalami masa" seperti itu karena tujuan saya visitor mulu. Tapi lama" santai yang penting terus nambah artikel dan jaringan.
    Saling berkunjung itu baik.
    Mimbarhatii.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetep content is the king ya Mimbar Hati....

      Hapus
  3. Jadi nambah ilmu, soalnya saya blogger pemula. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya, kita sama-sama belajar

      Hapus
  4. mantep materinya, kayanya semua kesalahan itu sudah saya alami pas mulai nge-blog hehe

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel