Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog di Blogger.com

Apa yang harus Anda ketahui dari Blogger ?
yang perlu diketahui sebelum membuat blogger
Ilustrasi: Blogger

Mungkin saat ini ada diantara Anda yang berencana untuk membuat sebuah blog untuk menyalurkan minat menulis atau ingin sekedar berbagi. Nah, salah satu platform blog yang sudah sagat lama keberadaannya adalah Blogger.com yang saat ini berada di bawah naungan Google. Layanan ini mendapat angin segar setelah beberapa waktu lalu diperbarui yang membuktikan bahwa Google masih memberikan perhatian untuk platform yang satu ini.

Hal yang Mungkin Belum Anda Ketahui Pahami tentang Blogging di Blogger.com

Aktifitas blogging memang semakin banyak diminati orang belakangan ini. Terlebih di tengah pesatnya kemajuan teknologi dan kondisi yang semakin menekankan pentingnya eksistensi online. Semakin banyak bisnis maupun layanan lain yang mengandalkan platform blog maupun website untuk memudahkan berbagai aktifitas.

Nah, agar apa yang Anda lakukan di Blogger.com nantinya bisa mendatangkan manfaat yang maksimal, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat sebuah blog. Beberapa diantaranya adalah :

Waktu, Usaha dan Tenaga

Tergantung pada tujuan Anda dalam membuat blog, ini juga akan menentukan seberapa keras perjuangan yang harus dilakukan. Meskipun tidak ada tuntutan atau target tertentu dari Blogger.com, Anda yang mengandalkan blog sebagai penghasilan bisa saja seakan terikat oleh semacam target misalnya meningkatkan jumlah pembaca dan mempertahankan jumlah pembaca yang ada.

Blog merupakan salah satu pilihan sulit jika Anda menggunakannya sebagai cara untuk menghasilkan uang secara online. Meski begitu, bukan tidak mungkin Anda melakukannya dengan mengalokasikan sejumlah besar waktu, usaha dan tenaga untuk mencapai performa sesuai harapan. Anda pun harus tahu bahwa sulit untuk bisa mendapatkan pembaca di awal-awal masa perkembangan blog.

Tidak Gratis

Blogger.com dan berbagai sarana blogging lainnya memang bisa Anda pergunakan secara gratis, tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Namun di balik layanan gratis tersebut, Anda juga harus tahu bahwa Anda bukanlah pemilik blog tersebut. Blog yang sudah susah payah Anda buat dan kelola nyatanya masih menumpang di tempat milik Google. Artinya, Anda pun harus memaklumi adanya batasan dan kontrol yang kurang terhadap blog tersebut.

Meski begitu, Google juga menyediakan pilihan bagi Anda yang tak berkeberatan untuk mengeluarkan sedikit modal untuk 'membiayai' blog tersebut sehingga Anda memiliki akses yang lebih terhadap blog. Jika Anda lebih serius mengelola blog dengan membeli domain, maka Anda bisa melakukan berbagai hal seperti melakukan kustomisasi desain, pengembangan kustom, promosi pemasaran dan lain sebagainya.

Identifikasi Niche

Niche adalah hal yang akan membuat blog Anda spesial di tengah jutaan blog dan website yang membahas tentang tema sejenis. Pilihan topik secara spesifik ini juga akan membantu Anda untuk mengelola blog dengan lebih efektif dan efisien. Anda harus segera mengenali apa niche yang ingin ditulis pada blog dan fokus ke hal tersebut.

Anda bisa memilih niche yang Anda kuasai dan sukai lalu membuatnya menjadi lebih spesifik agar pembahasan tidak terlalu meluas. Caranya dengan menganalisa calon pembaca blog tersebut, mulai dari siapa saja calon pembacanya, apa yang mereka butuhkan, apa saja yang menjadi minat mereka atau apa saja yang jadi masalah atau sumber kekhawatiran bagi mereka.

Utamakan Kualitas

Pembaca akan menilai blog yang Anda buat dari kualitas konten yang ada di dalamnya, bukan dari jumlahnya bukan? Maka dari itu, tetap utamakan kualitas dibanding kuantitas, utamanya jika Anda adalah blogger pemula. Saat pembaca merasa terbantu atau merasa puas dengan yang didapat dari blog, mereka tidak akan segan untuk menyimpan ke bookmark atau bahkan membagikannya di media sosial. Dan inilah yang akan membantu blog Anda semakin berkembang.

Jumlah konten dalam blog memang berguna untuk meningkatkan dan mempertahankan jumlah kunjungan pembaca. Namun jangan sampai membuat pembaca merasa dibodohi karena mereka tidak mendapat apa yang diinginkan setelah mengunjungi blog Anda. Konten yang kurang berkualitas, dalam hal ini kurang informatif atau bahkan isinya tidak bermutu akan membuat pengunjung kapok dan enggan mengklik blog Anda di halaman hasil penelusuran.

Sosialisasikan

Anda sudah membuat sebuah blog dengan konten berkualitas dan pasti berguna bagi banyak orang. Tapi masalahnya tidak ada yang mengetahui keberadaan konten dalam blog Anda tersebut. Meskipun melakukan pencarian sesuai dengan niche dan topik, tetap saja tulisan dalam blog Anda tidak muncul. Apa yang salah?

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa seiring waktu blog Anda yang bermanfaat akan semakin banyak dibagikan oleh pembaca. Ya, pembaca bisa saja membagikan tulisan Anda yang bermanfaat melalui akun media sosial mereka. Namun proses ini bisa saja memakan waktu sehingga Anda pun dituntut lebih aktif dengan cara memanfaatkan iklan di media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Belajar Basic HTML

Meskipun platform blogging saat ini semakin memudahkan para pengguna, tak ada salahnya Anda tetap belajar dasar pengetahuan HTML ataupun CSS. Ilmu ini digunakan untuk mengatur tema, plugin dan sebagainya. Memang, menggunakan Blogger.com ini Anda tidak harus memiliki pengetahuan kode. Namun Anda bisa mendpatkan manfaatnya di kemudian hari.

Memiliki pengetahuan coding ini memungkinkan Anda untuk mengedit tampilan konten dengan lebih cepat dan tepat. Bahkan Anda juga bisa segera memperbaiki kesalahan sederhana yang bisa saja muncul di blog. Untuk mempelajari tentang dasar-dasar HTML ini, Anda bisa memanfaatkan kelas online gratis seperti di Codecademy, Code School ataupun W3school.

Kuasai SEO Dasar

Search Engine Optimization (SEO) masih menjadi cara mendasar untuk mengarahkan calon pembaca ke blog. Cara yang dinilai masih efektif hingga saat ini tersebut bertujuan agar konten di dalam blog menjadi lebih mudah dikenali mesin pencari seperti Google Search sehingga lebih direkomedasikan ke pengguna internet.

SEO sendiri merupakan aktifitas yang rumit dengan banyak faktor yang mempengaruhi efektifitas dan efisiensinya. Namun dengan menguasai ilmu SEO dasar dan menerapkannya ke blog sejak dini, Anda bisa menemukan perbedaan sigifikan dalam jangka panjangnya. Untuk mempelajarinya, Anda juga bisa memanfaatkan kelas dan tutorial online.

Pelajari Pula Soal Hak Cipta

Meskipun Anda termasuk pemain baru, Anda tetap harus mengamankan konten yang diunggah ke blog tersebut. Anda bisa mempelajari bagaimana cara untuk mengurangi risiko pencurian konten sehingga artikel dan gambar yang Anda muat di blog tidak diduplikat oleh blogger dan website lain. Tentunya Anda tidak menginginkan hal seperti ini terjadi pada blog bukan?

Sama dengan Anda yang tidak ingin kontennya dicuri, Anda pun sebaiknya juga tidak melakukan plagiat terhadap konten milik website dan blogoang lain. Kalaupun Anda menggunakannya sebagai rujukan, maka lakukan hal yang sepatutnya misalnya dengan membuat backlink, menyertakan atribusi dan sebagainya.

Perhatikan Desain

Besar kemungkinan Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengutak-atik tampilan blog, wajar karena bagian ini memang mengasyikkan. Namun yang perlu Anda ketahui adalah desain akan mempengaruhi kesan dan durasi pengunjung blog. Desain tampilan yang asal-asalan, asal bagus, asal cepat dan asal lainnya bisa saja membuat pembaca merasa illfeel, kesulitan membaca konten dan bahkan tidak mau lagi berkunjung ke blog, meskipun kontennya bagus.

Baca : Cara mengganti template blogger dan mengoptimalkan tampilan blog

Mesin pencari populer seperti Google mengutamakan blog yang ramah seluler mengingat jumlah penggunanya yang mengakses melalui smartphone semakin banyak. Ini termasuk salah satu pertimbangan, yaitu memastikan bahwa blog Anda bisa dilihat oleh browser handphone dengan optimal dan responsif, namun juga tetap bagus diakses dari layar monitor yang lebih besar. Lakukan tes berulang kali untuk mendapatkan tampilan yang paling efektif dan efisien bagi pembaca, bukan hanya berdasar pada selera Anda.

Tetap Menjadi Manusia

Pembaca akan merasa lebih yakin apabila mereka tahu bahwa mereka sedang dilayani oleh seseorang, bukan robot. Dalam hal ini Anda sebagai pengelola blog, sebaiknya menjalin hubungan yang baik dengan pembaca. Menggunakan Blogger.com, Anda pun sebaiknya tak hanya sekedar mempublish konten saja, tetapi juga berinterksi dengan pembaca, misalnya dengan membalas komentar atau bahkan menanyai pendapat mereka lalu mengapresiasinya.

Demikianlah beberapa hal yang mungkin perlu untuk Anda ketahui sebelum membuat blog. Meskipun terkesan sederhana, nyatanya beberapa hal di atas bisa sangat menentukan untuk eksistensi blog setelah beberapa waktu. Meskipun mudah, membangun sebuah blog yang berhasil, dibutuhkan perjuangan. Dan itu tidaklah instan.
(0)

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel