Dampak EAT YMYL Terhadap Website Konten Kesehatan dan Tips nya

Google tampaknya terus saja melakukan pengupdate an algoritma nya guna meningkatkan kualitas search enginenya. Berikut ini adalah dampak EAT dan YMYL serta tips nya.

    algoritma Google 2020, algoritma EAT, Algoritma YML
    Ilustrasi ricemedia.com

    Tahun 2020 ternyata menjadi ujian yang cukup hebat bagi pemain blog. Pasalnya Google melakukan update algoritma yang dimana sebagian besar blogger trafik mereka turun karena situs mereka tidak lagi tayang di posisi yang bagus. Algoritma apakah itu? Ya benar, namanya EAT dan YMYL.

    EAT sendiri singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworhiness. Sedangkan YMYL sendiri kepanjangannya adalah Your Money Your Life. Kedua algoritma ini berbeda, namun sangat memiliki dampak bagi blogger yang sengaja mengangkat tema tentang kesehatan dan bisnis atau finance

    Tujuan dari pengupdate an algoritma Google yang baru ini adalah untuk memberikan kepuasan bagi pengguna Google (pembaca). Maka tak khayal jika dari kedua algoritma itu diiringi juga dengan algoritma lain yang bernama BERT. Namun kali ini saya akan membahas mengenai dampak EAT dan YMYL terhadap Website Konten Kesehatan dan Tips nya.

    Dampak Utama

    Oleh algoritma EAT yang dimana penilaian website berdasar kepada nilai otoritas dari sebuah website. Maksudnya, oleh siapa artikel itu dibuat, author yang berlatar belakang seperti apa dan apakah author tersebut bisa dipercaya oleh pembaca. Nah dengan munculnya EAT ini, Google lebih pintar dalam menyaring konten yang dimana menyangkut hidup orang banyak.

    Sebagai contoh, kamu memiliki website kesehatan namun kamu sendiri tidak ahli dibidang kesehatan (bukan berlatar belakang kesehatan), nah ini akan kalah dengan website besar yang memiliki author dari ahlinya langsung (dokter) seperti halodoc, alodokter, sehatq, dan lain lain.

    Begitu juga dengan YMYL yang bermakna Your Money Your Life. Website yang memiliki niche toko online, finance, kesehatan dan sejenisnya akan merasakan dampaknya. Sebenarnya YMYL itu teman nya EAT yang dimana tidak bisa dipisahkan satu sama lain. YMYL akan menampilkan website yang memiliki kredibelitas dan kualitas yang menengah – tinggi untuk nangkring di page one.

    Contoh, ketika kamu memiliki sebuah toko online obat, maka ini akan sangat merasakan dampaknya. Jika kamu tidak memiliki kredibelitas, testimoni, lokasi penjualan offline, laman kontak dan lain lain. Google akan mengetahui dan tidak memprioritaskan website kamu dan lebih memprioritaskan website yang sudah kredible. Tentu kamu tidak mau kan jika usahamu hancur karena algoritma Google?

    Mengingat dampaknya yang begitu besar bagi website, terutama website kesehatan, kamu harus mengerti bagaiman cara kerja algoritma ini dan bagaimana cara mengatasinya. Kamu tak perlu khawatir, karena di paragraf selanjutnya akan dibahas mengenai cara bertahan dari algoritma ini dan tips nya.

    Tips Menghadapi Algoritma Ini

    Dari pemaparan di atas mengenai EAT dan YMYL dapat kita simpulkan bahwasannya kita harus memiliki website dengan autority yang tinggi. Website seperti apa yang memiliki autority yang tinggi?

    Jika kamu ingin membangun website tentang kesehatan misalnya, kamu harus memiliki latar belakang yang dapat dipercaya sehingga dapat memberikan kepuasan bagi pembaca. Pembaca yang puas adalah pembaca yang dapat menghabiskan waktu lama di websitemu dan ia dengan sukarela membagikan websitemu ke medsos atau website lainnya sehingga kamu mendapatkan backlink.

    Lakukanlah ini untuk meningkatkan tingkat kepercayaan Google dengan websitemu:

    1. Belilah domain TLD (.com, .co.id, .id, dll) hal ini dikarenakan Google akan mengerti jika kamu bukan website receh dan benar bersungguh sungguh dengan website yang kamu bangun. Sehingga pengguna Google akan mempercayai websitemu.

    2. Buatlah halaman “tentang kami, kontak, FAQ, profil perusahaan, dll” halaman halaman seperti ini dapat memberikan kepercayaan lebih kepada Google. Bisa jadi Google akan mengecek secara manual di halaman tersebut oleh karyawan mereka. Jika kamu layak dengan konten pada websitemu, maka Google akan memberikanmu tempat istimewa.

    3. Milikilah sertifikat SSL domain. SSL domain bisa dibeli di penyedia domain yang biasa kamu pilih untuk membeli domain. SSL domain wajib kamu miliki jika website kamu berkategori jual beli dan atau melayani pembayaran kartu kredit.

    Dengan memperhatikan dampak dan tips nya, diharapkan nantinya kamu bisa lebih bijak dalam mengelola website. Perlu diingat, algoritma Google semakin hari semakin canggih. Jadi pastikan kamu selalu memenuhi pedoman Google agar websitemu tidak terkena badai.

    Source
    https://www.situseo.com/algoritma-google-2020/
    https://toffeedev.com/e-a-t-dan-ymyl-yang-mampu-tingkatkan-seo/
    (2)

    2 Komentar untuk "Dampak EAT YMYL Terhadap Website Konten Kesehatan dan Tips nya"

    1. Sangat bagus dan informatif. EAT dam BERT adalah cara gugel menyeleksi blog yang bagus diantara yg abal-abal.

      BalasHapus
      Balasan
      1. menantang blogger untuk berbenah menyuguhkan content lebih berkualitas sesuai dengan expertisenya.

        Hapus

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel