Daftarkan Praktek Fisioterapi Anda ke 'Google Bisnisku' Agar Lebih Cepat Ditemukan Pasien

Memperhatikan kecenderungan perilaku manusia di era digital ini, mungkin sudah saatnya setiap fisioterapis menggunakan Google Bisnisku.


D
i era digital ini, kita tidak bisa melepaskan diri dari internet. Internet telah mengajarkan kehidupan yang serba instan. Mesin pencari seperti Google selalu berupaya memberikan jawaban instan dari setiap pertanyaan pengguna internet secara cepat dan akurat.

Tak heran, Google yang baru berumur 20 tahunan (Diresmikan pada  tahun 1998) ini telah mendapat julukan "Mbah Google" dari netizen Indonesia, mungkin karena Google dianggap serba tau layaknya "Mbah Dukun" atau karena Google mampu memberikan berbagai saran dari pertanyaan, sehingga layak dituakan dengan gelar "Mbah".

Tapi begitulah adanya, Google menjadi tempat bertanya, mulai dari lirik lagu kuno yang telah lama dilupakan, bengkel mobil terdekat, model baju terbaru, obat sakit pinggang, hingga praktek dokter terdekat.

Potensi penelusuran terkait 'fisioterapi' di Internet

Bagaimana sebenarnya potensi penelusuran fisioterapi melaui internet? Saya mencoba menggunakan Google trends untuk menelusuri topik terkait fisioterapi dan menemukan tren peningkatan penelusuran menggunakan kata kunci "fisioterapi terdekat" dalam 12 bulan terakhir hingga +130% dengan sebaran merata hampir di seluruh propinsi di Indonesia.

Bila menggunakan alat bantu periset kata kunci keywordtool.io, saya mendapatkan rekomendasi ratusan kata kunci terkait 'fisioterapi', beberapa diantaranya terkait lokasi, seperti 'fisioterapi di surabaya', 'praktek fisioterapi di malang', 'klinik fisioterapi di jakarta selatan', 'tempat fisioterapi di bogor' dan pencarian serupa dengan akhiran nama-nama kota yang berbeda.

Lalu saya coba mengetikkan kata kunci 'fisioterapi' di kolom penelusuran Google dalam mode penyamaran (incognito) dan menonaktifkan lokasi untuk menghindari personalisasi. Dari suggestion keyword, saya mendapatkan beberapa rekomendasi kata kunci terkait fisioterapi seperti 'fisioterapi terdekat', 'fisioterapi anak' dan 'fisioterapi di bandung'.

Sedangkan dalam hasil penelusuran posisi teratas bertengger satu artikel dari situs portal kesehatan ALODOKTER yang membahas tentang fisioterapi, disusul dengan rekomendasi 3 klinik fisioterapi terkenal di Surabaya, padahal saya tidak mengetikkan klinik fisioterapi di Surabaya, namun secara otomatis google menampilkan rekomendasi klinik fisioterapi terkenal di Surabaya dengan tampilan menarik lengkap dengan alamat, peta menuju lokasi, nomor telepon, jam pelayanan hingga penilaian pelanggan.

Kemudian saya coba mengaktifkan lokasi, apa yang terjadi? Ternyata saya disuguhi dengan tampilan yang berbeda, setelah ALODOKTER di peringkat teratas, disusul rekomendasi 3 parktek dan klinik fisioterapi terdekat. Lagi-lagi saya tidak secara spesifik mencari praktek fisioterapi terdekat atau praktek fisioterapi di Trenggalek. Namun, secara otomatis google menampilkan rekomendasi klinik fisioterapi terdekat.

Inilah algoritma google yang lebih mengutamakan bisnis lokal yang terdaftar dalam Google Bisnisku dalam hasil penelusurannya.


Hasil penelusuran lokal lebih mementingkan Google Bisnisku

Perhatikan gambar diatas, ketika seseorang mengetik kata kunci tertentu, Google akan menampilkan hasil pencarian dengan urutan sebagai berikut :
  1. Paid result (hasil pencarian berbayar) yang diperoleh dengan memasang iklan atau Search Engine Marketing/SEM.
  2. Local result (hasil pencarian lokal) berupa listing bisnis lokal yang diperoleh dengan mendaftarkan bisnis pada Google Bisnisku.
  3. Organic result (hasil pencarian organik) yang diperoleh dengan menerapkan Search Engine Optimation (SEO).
Google Bisnisku sering (dan hampir pasti) ditampilkan di atas hasil pencarian organik di halaman pertama yang akan langsung dilihat pengunjung ketika mengakses Google. Setiap bisnis yang terdaftar di Google Bisnisku bisa tampil di halaman pertama, bahkan tanpa harus bersusah payah membuat website sendiri dan mengeluarkan biaya untuk iklan atau melakukan praktik SEO. Dalam pencarian layanan kesehatan atau praktek dokter di kota-kota tertentu, Google Bisnisku bisa mengalahkan website direktori dokter atau layanan kesehatan seperti Konsula atau HallodocAlokter, dan SehatQ


Apa itu Google Bisnisku? dan Apa saja keuntungan mendaftar Google Bisnisku? silakan baca artikel terdahulu : Manfaat dan Cara Kerja Google Bisnisku

Kenapa praktek fisioterapi perlu mendaftar Google Bisnisku?

Bila praktek Anda telah terdaftar di Google Bisnisku, saat pengguna internet / pasien mencari penyedia layanan fisioterapi atau menelusuri topik terkait fisioterapi di Google, profil bisnis/praktek Anda dapat muncul di hasil penelusuran dengan tampilan yang menarik. 

Informasi yang ditampilkan dalam Profil Bisnis mencakup situs, petunjuk arah yang terintegrasi dengan google maps, nomor telepon, ulasan pelanggan (review), foto dan ringkasan singkat mengenai profil Anda sebagai praktisi.
Goole Bisnisku tampil menarik di halaman penelusuran Google

Semua pebisnis dan marketer online mengharapkan bisnis mereka muncul di halaman pertama Google, hal itu ditempuh baik dengan membayar iklan ke google atau mengeluarkan biaya untuk konsultasi dan optimasi SEO. Google Bisnisku adalah cara cepat membuat praktek fisioterapi Anda berada di halaman pertama hasil penelusuran Google

Tips untuk fisioterapis yang mendaftar Google Bisnisku

Untuk meningkatkan awareness terhadap praktik Anda dan membantu pasien tetap mendapatkan informasi terbaru dan terus berinteraksi dengan pelanggan / pasien, ada yang perlu Anda lakukan  :
  1. Tulis nama klinik atau nama Anda sebagai praktisi termasuk gelar pendidikan yang menunjukan bahwa Anda seorang fisioterapis contoh : Praktek Fisioterapi: Wahyu Kurniawan, Ftr
  2. Tambahkan deskripsi singkat tentang bisnis Anda. Sertakan pendidikan, izin, penghargaan, dan kredensial, kondisi, atau prosedur lain yang menjadi spesialisasi Anda, atau hal lain yang berguna untuk diketahui oleh pasien.
  3. Tambahkan informasi seperti jam buka. Untuk hari libur, acara khusus, hari dengan jadwal yang tidak biasa, atau penutupan yang tidak tetap, Anda dapat memasukkan jam khusus di awal. Jam buka reguler Anda akan tetap berlaku untuk semua hari lainnya.
  4. Tambahkan layanan yang ditawarkan, seperti panggilan ke rumah (home care), diagnosis, dan prosedur. Anda juga bisa menambahkan jenis layanan beserta deskripsi dan harganya. Agar daftar layanan Anda tersusun rapi, kelompokkan layanan menjadi bagian. Saat pasien menemukan profil Anda di Google, mereka akan menemukan layanan Anda tercantum di bagian "Layanan". Pilih jenis layanan yang disarankan. Jika jenis layanan tidak tercantum, Anda dapat menambahkan layanan kustom sendiri, seperti kondisi yang ditangani misalnya : paska stroke, sakit pinggang, paska operasi patah tulang, ...... atau fasilitas penunjang misal : ESWT, laser atau tradmill...
  5. Posting foto berkualitas tinggi untuk menunjukkan sebelum pasien tiba apa yang dapat mereka temui di tempat praktik. Tambahkan pula foto-foto dan diagram edukasi untuk membantu pasien mempelajari lebih lanjut apa saja jenis layanan fisioterapi yang Anda berikan.
  6. Buat postingan. Bantu pasien Anda untuk selalu mengetahui informasi terbaru tentang peristiwa kesehatan penting, layanan baru atau populer serta pesan edukasi dan kesehatan umum. Edukasi menjadi pilihan postingan dengan porsi terbesar mengingat komunikasi 'hard selling' dapat mengganggu etika pelayan kesehatan.

Menaftarkan praktek fisioterapi ke Google Bisnisku

Untuk mendaftar Google Bisnisku Anda bisa lakukan melalui dekstop atau notebook dan smartphone berbasis IOS atau Android.
(0)

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel