Antara Dropbox vs Google Drive vs Onedrive, Mana Pilihan Anda?

Sebelum menentukan pilihan cloud storage, sebaiknya Anda baca ulasan berikut
google drive vs onedrive vs dropbox
Onedrive vs Google Drive vs Dropbox
Layanan penyimpanan secara online kini memang semakin banyak pilihan. Tak hanya dari nama-nama yang sudah sejak lama, sekarang juga semakin banyak bermunculan layanan cloud storage baru. Bahkan layanan ini juga menarik minat sejumlah raksasa teknologi sehingga pengguna pun memiliki semakin banyak pilihan. Diantara sekian banyak layanan cloud yang ada saat ini, Dropbox, Google Drive dan Onedrive menjadi tiga besar terpopuler.

Menemukan Layanan Cloud Storage yang Sesuai Kebutuhan 

Alasan ketiga layanan tersebut diperbandingkan tak lain karena besarnya jumlah pengguna yang dilatarbelakangi oleh alaan tertentu. Dropbox misalnya, layanan ini merupakan pelopor penyimpanan online di dunia. Sementara Google Drive dan Onedrive, masing-masing ditawarkan dalam sistem operasi perangkat android dan windows.

Tidak sepenuhnya terlambat jika Anda baru memikirkan solusi penyimpanan online ini. Sebab memang masih belum setiap orang merasakan pentingnya menggunakan layanan simpan data seperti ini. Namun jika dihadapkan pada kebutuhan saat ini, maka sudah sewajarnya pula Anda memikirkan manakah layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Lantas diantara 3 besar yang telah disebutkan di atas, mana yang memenuhi ekspektasi Anda?

Sebelum mulai memilih salah satu diantara ketiga layanan terpopuler di atas, Anda mungkin perlu mengetahui aspek apa saja yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih cloud terbaik. Beberapa aspek yang dimaksud antara lain fitur, harga, penggunaan, keamanan, privasi dan dukungan pelanggan. Anda juga bisa saja memiliki aspek pertimbangan sendiri misalnya aplikasi mobile, dukungan sinkronisasi ataupun kemampuan berbagi file, misalnya.

Fitur

Dari segi fitur yang menunjang produktifitas, perlu Anda ketahui bahwa OneDrive merupakan produk Microsoft yang artinya menawarkan integrasi yang lebih baik dengan produk dan aplikasi Microsoft lain. Sementara Google Drive yang merupakan produk Google, juga memiliki suitenya sendiri yaitu Google Docs dan Google Sheets lengkap dengan pemutar berbagai file media, editor foto dan video, aplikasi akuntansi dan sebagainya langsung di Google Drive. Dropbox memang tidak berbekal suite maupun klien email tersendiri, namun ia tetap memiliki aplikasinya sendiri yaitu Paper dan Showcase meskipun kemampuannya tak sebanding dengan Google Docs ataupun Microsoft Word.

Tak hanya dari segi aplikasi kantorannya saja, ketiga layanan ini juga memiliki alat kolaborasi yang membuat mereka menjadi 3 besar dunia. Tak heran karena 2 diantaranya merupakan pemilik aplikasi kantor terpopuler saat ini. OneDrive memiliki integrasi tanpa batas ke berbagai aplikasi Microsoft Office dimana Anda bisa bekerjasama secara real time dengan pengguna lain. Begitu pula dengan Google Drive yang juga tak jauh berbeda dari kompetitornya tersebut. Sementara Dropbox justru lebih unggul karena nyatanya fitur penyimpanan ini tetap berfungsi dengan file Microsoft maupun Google Documents sehingga pengguna lebih mudah beralih antar layanan.

Harga

Pastinya Anda sudah tahhu bahwa ketiga penyedia layanan ini menawarkan penyimpanan gratis dalam ukuran tertentu. Penawaran ini antara lain Dropbox dengan 2GB, OneDrive dengan 5GB dan Google Drive sebesar 15GB.

Pada saat artikel ini ditulis, paket Dropbox Plus yang meliputi 2TB plus beberapa tambahan ditawarkan mulai $ 11,99 per bulan. Ada pula paket Dropbox Professional dengan penyimpanan 3TB dengan fitur lebih lanjut. Pilihan paket lain yang bisa dipilih di Dropbox antara lain paket Dropbox Business dalam 3 tingkatan, paket Dropbox Enterprise.

OneDrive menawarkan paket penyimpanan 100GB dengan $ 1,99 per bulan (tanpa akses ke aplikasi Office). Sementara paket Office 365 Personal diharga $ 6,99 per bulan dengan 1TB penyimpanan. Ada pula paket Office 365 Home seharga $ 9,99 per bulan dengan penyimpanan sebsar 1TB untuk masing-masing 6 anggota. Pilihan lain yaitu OneDrive for Business Plan yanghadir dalam 3 tingkatan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan selain Paket Office 365 Business Premium yang menawarkan akses Office dan penyimpanan tanpa batas.

Sementara harga yang dibanderol di Google Drive, untuk saat ini mungkin tak jauh berbeda dari apa yang ditawarkan oleh OneDrive. Untuk 100GB penyimpanan, Anda bisa memilih paket berbayar $ 1,99 per bulan. Atau, Anda juga bisa memilih 200GB dengan $ 2,99 per bulan atau bahkan 2TB dengan berlangganan $ 9,99 per bulan. Lainnya Anda juga bisa memiliki 10TB dengan membayar $ 99,99 per bulan, 20TB dengan $ 199,99 per bulan atau 30TB dengan $ 299,99 per bulan dimana jumlah kapasitas tersebut dibagi untuk beberapa layanan Google seperti Drive, Gmail serta Google Foto. Pilihan lain yang ditawarkan Google milsanya paket G Suite Basic, paket G Suite Business dan paket G Suite Enterprise.

Selalu pelajari terlebih dahulu skema yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia layanan agar Anda bisa mendapatkan penyimpanan cloud sesuai harapan. Namun jika Anda termasuk pengguna biasa yang membutuhkan kapasitas tak lebih dari 2TB untuk saat ini, maka tawaran Google Drive bisa menjadi pertimbangan utama bagi Anda.

Penggunaan

OneDrive terinstal dalam Windows 10 yang bisa langsung digunakan seelah pengguna login ke akun Microsoft di perangkat komputernya. Google Drive bisa didapatkan dengan mudah dari browser Chrome yang populer. Sementara Dropbox menawarkan aplikasi klien untuk perangkat dimana ketiga penyedia layanan ini menawarkan kemampuan menyinkron folder lengkap dengan tray sistem ataupun ikon yang memungkinkan akses mudah ke pengaturan masing-masing. Perbandingan pengalaman penggunan diantara ketiganya pun tak jauh berbeda.

Meskipun masih ada beberapa keidaknyamanan kecil, harus diakui bahwa OneDrive dan Google Drive menawarkan solusi penyimpanan online yang lebih mudah digunakan. Namun pilihan sepertinya akan sangat ditentukan oleh skema penggunaan Anda. Pengguna komputer berbasis Windows mungkin akan lebih nyaman dengan integrasi yang lebih baik oleh OneDrive. Namun mereka yang cenderung mobile dengan perangkat smartphone ataupun laptop dan Chromebook, mungkin lebih mempertimbangkan Google Drive.

Keamanan

Menitipkan file atau data yang bisa saja bersifat sensitif, pastinya akan membuat Anda khawatir akan keamanannya. Tentu Anda tidak ingin penyedia layanan yang mengintip file atau bahkan menggandakan file tersebut untuk kepentingan mereka bukan? Hal ini sudah menjadi bahan pikiran banyak orang dan sayangnya, belum ada satupun layanan cloud yang benar-enar bisa menjamin keamanan file Anda.

Meski begitu, Anda bisa menerapkan keamanan tambahan seperti menggunakan software enkripsi pihak ketiga, Boxcryptor misalnya untuk mencegah file terbaca dengan mudah oleh piha yang tak bertanggungjawab. Walaupun file telah Anda enkripsi, keamanan akun sangat dipengaruhi password yang kuat dan otentikasi dua langkah yang banyak diterapkan saat ini.

Privasi

Sayangnya, hal yang tak jauh berbeda juga harus ditemukan di aspek privasi. Diantara ketiga besar, belum ada penyedia layanan yang menghargai privasi Anda. Google misalnya, mengumpulkan beberapa macam data dengan alasan untuk memberikan layanan lebih baik dan menyesuaikan iklan untuk penggunanya. Cukup beralasan memang. Namun sepadankah atas apa yang mereka lakukan pada file Anda? Anda sendiri yang putuskan.

Sementara OneDrive meskipun tidak melakukan hal tersebut, teknisi Microsoft bisa saja mengakses file milik Anda apabila ada perintah. Dropbox lebih jauh, dimana layanan ini selain mengakses file untuk  alasan keamanan juga mengungkap file Anda tersebut ke pihak lain yang mereka percayai seperti Amazon Web Services, Google serta Zendesk. Mungkin OneDrive bisa dibilang lebih peduli dengan privasi dalam hal ini. 

Dukungan Pelanggan

Pentingkah aspek dukungan pelanggan? Jika Anda hanya pengguna personal atau gratisan, mungkin tak terlalu penting. Tapi Anda membaca artikel ini mungkin karena membutuhkan layanan yang benar-benar bisa diandalkan untuk membantu kelas ataupun bisnis. Dan untuk itu, performa dukungan pelanggan yang baik akan sangat penting untuk mengatasi berbagai masalah yang selalu mungkin terjadi kapan saja.

Dropbox dan Google Drive menawarkan dukungan melalui email, telepon dan chat 24/7 dan chat Anda juga segera disrespon tanpa perlu menunggu lama. Tentu saja, dukungan pelanggan seperti ini masih bisa diterima meskipun solusi tidak selalu bisa langsung diberikan menyesuaikan dengan masalah yang Anda alami. Sayangnya, hal serupa belum bisa didapat dari layanan OneDrive yang menyambut Anda dengan asisten virtual terlebih dahulu. Untuk bisa chat dengan agen ynyang benar-benar manusia, Anda harus mengirim email terlebih dahulu.

Ingat bahwa keputusan ada di tangan Anda. Ada berbagai skenario yang mungkin lebih penting bagi Anda. Namun kesimpulan dalam perbandingan ini, Google Drive menawarkan diri sebagai salah satu solusi yang terjangkau dari segi harga, kapasitas dan layanan. Walau begitu, ada pula beberapa hal dimana Dropbox dan OneDrive juga layak diperhitungkan, utamanya karena keduanya menawarkan versi akun yang lengkap dengan berbagi tautan yang mudah untuk dukungan sinkronisasi dan berbagi file.

Bagaimana, Anda pilih yang mana?

Sumber:
https://www.cloudwards.net/dropbox-vs-google-drive-vs-onedrive/
(0)

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel