Inilah Alasan Mengapa Google Drive Tetap jadi Salah Satu Pilihan Cloud Storage Terbaik

Diantara cloud storage yang ada google drive memiliki beberapa keunggulan yang layak jadi pilihan

    cloudstorage terbaik google drive
    Google Drive
    Mungkin diantara Anda sudah tak asing lagi dengan Google Drive yang memiliki lambang menyerupai segitiga dengan warna biru hijau dan kuning ini? Layanan penyimpanan kebanggaan Google ini rilis pada 24 April 2012 silam dan kini semakin berkembang hingga memiliki banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan. Meski begitu, Google Drive tetap dibayangi oleh berbagai nama besar layanan sejenis yang kini semakin bermunculan. Lantas, apa alasan yang membuat layanan penyimpanan Google ini menjadi salah satu yang terbaik?

    Kelebihan yang Ditawarkan Google pada Drive

    Google memang bukan pemain pertama dalam layanan penyimpanan online ini mengingat ada layanan lain seperti Dropbox yang bisa dikatakan sebagai pelopor. Selain itu, ada pula OneDrive dari Microsoft yang memiliki integrasi superior dengan aplikasi perkantoran dan sistem operasi Windows. (Baca : Antara Dropbox vs Google Drive vs Onedrive, Mana Pilihan Anda?) Walau begitu, Google Drive memiliki beberapa kelebihan mendasar yang membuatnya banyak dipilih oleh pengguna. Berikut diantaranya;

    Kapasitas gratis 15 GB sebagai awal

    Cukup dengan memiliki akun Gmail, Anda sudah bisa mengakses layanan Google Drive dan mendapatkan ruang penyimpanan yang cukup besar jika dibanding layanan kompetitor sekelasnya. Anda bisa mengamankan berbagai file seperti foto, video hingga dokumen pekerjaan apapun ke Google Drive. Meskipun ada batas maksimal untuk sekali unggahan, kapasitas ini tentunya sudah lebih dari sekedar cukup untuk menampung berbagai macam file pribadi. Kalaupun kurang, Anda bisa berlangganan untuk mendapatkan kapasitas lebih.

    Integrasi ke layanan Google yang lain

    Harus diakui bahwa saat ini Google menjadi salah satu raksasa teknologi berbasis layanan internet dengan berbagai produk yang bisa diandalkan. Dengan kata lain, jika Anda menggunakan Google Drive, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai macam layanan Google lainnya dengan lebih mudah. cukup dengan beberapa klik saja, Anda sudah bisa menghubungkan penyimpanan ke Gmail, Google Docs, Google Form, Google Photos, Google Music, dan lainnya.

    Menampung berbagai format file

    Anda tidak terbatas pada jenis file tertentu untuk bias menyimpannya ke Google Drive. Ada banyak sekali jenis file yang bisa Anda simpan di penyimpanan ini selama ukurannya tidak  melebihi batas maksimal upload. Anda bisa menyimpan file word, pdf, powerpoint, foto, musik, video, arsip dan lain sebagainya.

    Bisa dijadikan sebagai hosting website

    Jika Anda mengelola web, maka Google Drive bisa Anda manfatkan sebagai layanan hosting gratisan yang menarik. Di sini, Anda bisa menyimpan berbagai file mulai dari HTML, CSS dan sebagainya untuk menunjang eksistensi website.

    Bekerja lintas-platform

    Maksudnya, Anda tidak harus berada di depan laptop yang online untuk bisa menggunakan Drive. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Google Drive adalah kemampuannya untuk bekerja di berbagai platform  populer, yaitu komputer, smartphone dan browser. Artinya Anda bisa mengakses penyimpanan dari manapun selama Anda bisa login ke Gmail dan mengakses Drive dari aplikasi ataupun dari browser.

    Berbagi file yang lebih mudah

    Karena dimiliki oleh penyedia layanan email populer, maka ini akan memudahkan Anda untuk berbagi file dengan lebih banyak orang. Anda bisa mengundang orang lain untuk melihat, berkomentar hingga mengedit file maupun folder yang Anda pilih dengan mudah. Besar kemungkinan orang yang akan Anda beri akses ke file juga menggunakan akun Gmail yang membuat proses berbagi menjadi jauh lebih cepat.

    Keamanan  

    Selalu ada peluang penyalahgunaan yang membuat siapapun merasa tidak aman di internet. Apa yang Anda rasakan adalah hal yang wajar, namun Google Drive menawarkan solusi yang lebih menenangkan dengan enkripsi SSL yang diterapkan. Ini adalah protokol keamanan yang diterapkan pada Gmail dan sejumlah layanan Google lain. Dengan begitu, Google Drive bisa menjadi pilihan cloud storage yang cukup aman dibanding beberapa layanan sejenis.

    Add-on

    Hal yang mungkin belum banyak dimanfaatkan oleh para pengguna Google Drie adalah dukungan penggunaan add on yang akan menambahkan kemampuan layanan. Ada banyak pilihan add on yang bisa Anda dapatkan  untuk memudahkan berbagai pekerjaan Anda  di Drive. Beberapa yang terbaik diantaranya adalah;
    • Google Drawings; aplikasi tambahan yang ada di dalam Google Drive bagi mereka yang sering berurusan dengan desain dan ilustrasi. Anda yang sering membuat desain di Adobe Illustrator dan Corel Draw bisa bekerja dengan Google Drawing. Add on ini bisa Anda dapatkan tanpa harus membayar di toko web Chrome. Kini aplikasi tambahan ini sanggup menghasilkan file gambar dengan format JPEG, PNG, PDF, maupun SVG.
    • Google Form; untuk beberapa profesi tertentu, Google Form juga bisa menjadi alat sederhana yang memudahkan merencanakan suatu acara, berbagi survei, membuat kuis hingga mengumpulkan informasi ke orang lain. Alat ini menawarkan solusi yang lebih mudah dan efisien bagi pekerjaan yang biasa berurusan dengan kegiatan survei. Google Form ini juga bisa Anda hubungkan ke Spreadsheet maupun Documents agar lebih mudah.
    • Lucidchart Diagrams; aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat diagram dan visualisasi ini bisa Anda manfaatkan untuk pembuatan diagram alur, diagram jaringan, diagram UML, ERD dan lain sebagainya. Dengan aplikasi ini, Anda akan lebih mudah dalam menjabarkan sesuatu atau melakukan mind mapping. Lucidchart juga memudahkan pembuatan diagram baru tanpa harus membuat tab lain atau bahkan menggunakan aplikasi lainnya yang akan membuat Anda tetap fokus pada tugas. Cara penggunaan Lucidchart juga mudah hanya dengan klik Create – More – Lucidchart lalu sebuah dokumen baru akan terbuka.
    • Google Sites; Google Sites merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyusun situs web tertentu yang ditujukan bagi pengguna personal dan korporat. Aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk menampilkan hasil pekerjaan yang dilakukan bersama tim dimana semua konten yang berupa folder, dokumen maupun kalender bersama dapat diakses dengan lebih mudah. Tak hanya itu, aplikasi ini juga akan membuat halaman website Anda menjadi lebih optimal di desktop, tablet maupun perangkat seluler. 
    • ClassFlow; sesuai dengan namanya, aplikasi tambahan Google Drive ini memang ditujukan khusus bagi para pengajar untuk memudahka proses belajar mengajar. Menggunakan aplikasi ini, seorang guru bisa memberi pengajaran dengan cara yang lebih dinamis karena lebih mudah menyusun dan memberikan pelajaran. Materi disampaikan secara interaktif dan bisa langsung dinilai dengan metode tertentu. Dengan begitu, akan lebih memacu keinginan siswa untuk terlibat dalam pembelajaran. Berbagai  pelajaran, penilaian maupun aktivitas dalam ClassFlow akan tersimpan dalam Google Drive Anda.

    Diantara berbagai macam kelebihan yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi yang mungkin bisa Anda temukan di Google Drive. Tak menutup kemungkinan, Anda menemukan apa yang Anda butuhkan di layanan ini. Berbagai kelebihan inilah yang kemudian membuat banyak pengguna memilih Google Drive sebagai salah satu soluis penyimpanan online mereka. Dengan mengetahui berbagai kelebihan tersebut, Anda bisa lebih mempertimbangkan manakah layanan penyimpanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel