Info Update Algoritma Facebook dan Tips nya Buat Marketer

Perhatikan beberapa update algoritma facebook yang dapat memberikan impact besar terhadap perkembangan bisnismu. Dan ketauilah juga tips tipsnya untuk para marketer facebook.

    Update algoritma Facebook 2020
    Update algoritma facebook
    Media sosial garapan Mark Zuckerberg ini ternyata dari tahun ke tahun masih tetap eksis. Bahkan Facebook terlihat terus mengembangkan algoritmanya guna menjadi media sosial yang bermutu dan kredibel. Dari tahun ke tahun, update algoritma Facebook terus merubah eksistensi media sosial itu. 

    Di tahun 2020 ini, terdapat beberapa algoritma yang sengaja Facebook rubah. Tujuan utama dari update algoritma itu sendiri adalah untuk mengubah konten linimasa dari setiap user. Jadi bisa dipastikan nantinya konten konten yang tersedia di linimasa pengguna akan jauh lebih bermutu.
    Algoritma Facebook 2020
    Ternyata bukan hanya user biasa saja yang terdampak update algoritma ini, namun pemain Facebook ads lah yang paling terkena imbasnya. Buat kamu yang bermain Facebook ads untuk kepentingan marketing, berikut ini adalah update algoritma Facebook di tahun 2020.

    Facebook akan Memprioritaskan Postingan yang Bermanfaat

    Ada banyak sekali indikasi postingan yang bermanfaat menurut Facebook. Diantaranya ialah postingan tersebut dishare oleh teman, mendapatkan komentar yang positif, mampu memberikan atmosfer positif di postingan, dan mendapatkan emote reaction.

    Untuk faktor yang pertama yaitu dishare oleh teman, itu berarti menandakan postinganmu layak untuk diketahui orang banyak, karena ia menganggap postinganmu bermanfaat. Semakin banyak orang yang ngeshare, maka semakin luas pula jaringan yang akan terbuka.

    Komentar positif dan memiliki atmosfer yang positif ini bisa dilihat dari seberapa banyak orang yang berinteraksi "baik" di kolom komentar. Berinteraksi dan saling memberikan inspirasi sesama dapat menaikan rank posting di linimasa. 

    Suatu postingan yang bermanfaat pasti akan emndapatkan like dan emote dari user lain. Ini dijadikan Facebook sebagai indikator untuk mengetahui postingan mana yang bermanfaat. Like, kommen dan share akan menciptkana postingan yang berkesinambungan karena terus muncul di linimasa.

    Interaksi di Dalam Group

    Ternyata interaksi di dalam group memberikan energi positif buat linimasa Facebook. Hal ini dikarenakan algoritma akan membaca jika group facebook adalah tempat dimana netizen kumpul menjadi satu. Dan disitulah terjadi komunikasi antar pengguna Facebook yang sefrekuensi dengan pengguna lain.

    Apalagi group facebook tersebut sering kita ikuti, orang yang tidak kita kenal dan memberikan postingan di group itu saja sudah bisa membuat postingannya tersebut muncul di linimasa kita. Ini membuktikan bahwasannya group facebook akan banyak berkontribusi memenuhi beranda kita.

    Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh CEO Facebook dan Vice President yang mengatakan bahwasannya group menjadi tempat interaksi secara personal di Facebook.

    Video dalam Linimasa

    Media sosial adalah tempat dimana netizen aktif dan saling berkomentar satu sama lain. Karena alasan inilah, video sekarang tidak menjadi prioritas dalam ranking di linimasa. Hal ini dikarenakan ketika kita menonton video, kita dianggap sedang pasif oleh Facebook. Dan karena pasif, para netizen akhirnya tidak saling menukar komentar.

    Kok bisa begitu? Jadi ketika kita menscroll linimasa Facebook dan menemukan sebuah video, secara tidak langsung video tersebut akan mulai dengan sendirinya. Karena sistem yang mulai sendiri itulah, belum tentu orang yang scroll Facebook ingin menonton video. Jadinya tidak ada interaksi didalamnya. 

    Berbeda halnya ketika orang tersebut meniggalkan komentar dan like di postingan itu. Video tersebut bisa bisa akan naik di linimasa kita, bahkan orang lain. Karena yang terpenting ialah bagaimana respon orang dengan sebuah postingan.

    Konten Promosi dari Berbagai Media Bisnis atau Brands akan Lebih Sedikit

    Ini menjadi tantangan sendiri bagi pemain internet marketer. Pasalnya sekarang kita tidak bisa spam produk di halaman Facebook. Hal ini dikarenakan algoritma baru Facebook ini akan memfilter mana barang yang jualan dan mana konten asli.

    Jika kamu menjual sesuatu di Facebook, maka secara otomatis akan masuk ke halaman khusus yang dibuat oleh Facebook, yaitu marketplace. Disini layaknya seperti toko online, kamu bisa menemukan banyak sekali barang barang yang dijual di Facebook oleh user. Kamu bisa menautkan harga sesukamu.

    Nah agar postingan produk namun tetap ingin mendapatkan rank di linimasa, kamu harus membuat postingan brand tersebut mendapatkan perhatian lebih dari user. Semisal memberikan tempat untuk diskusi terbuka di kolom komentar, share postingan dan lain lain. Dengan begini, kamu bisa membuat produkmu terus ke "up" di linimasa.



    Tips Buat Marketer dalam Menghadapi Algoritma Facebook yang Baru


    Walaupun para pemain marketing digoncangkan dengan pengupdate-an algoritma Facebook, masih ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar bisa bertahan. Berikut ini adalah tips tipsnya.
    1. Pancinglah user Facebook untuk melakukan share, diskusi di kolom komentar dan memberikan emote yang dapat menaikan rank di linimasa facebook.
    2. Buatlah deskripsi produk dengan menggunakan teknik copywriting yang bagus agar user lain  merasa deskripsi tersebut bermanfaat akan mengeshare postinganmu.
    3. Boleh tambahkanlah video, lebih bagus lagi jika video live. Video live akan memberikan pemberitahuan kepada semua user Facebook bahwasannya kamu sedang melakukan live streaming.
    4. Gunakanlah Facebook ads agar produkmu dapat muncul di semua linimasa orang yang terkait.
    5. Sharelah produkmu ke group Facebook yang memiliki sangkut pautnya dengan produkmu.
    6. Jika bisa, gunakanlah fanspage yang kamu buat sendiri. Dan ajaklah orang lain untuk like fanspagemu agar fanspagemu semakin ramai.
    Di atas merupakan penjabaran tentang update algoritma Facebook dan tips nya buat pemain marketing Facebook. Pastikan juga kamu harus menaati segala rule algoritma Facebook yang baru ini, agar produk kamu bisa tetap eksis di linimasa Facebook. 


    Sumber:
    https://juraganonline.org/algoritma-facebook-terbaru-tahun-2020/

    https://energibangsa.id/mengetahui-algoritma-facebook-di-2020/

    https://toffeedev.com/memaparkan-algoritma-facebook-paling-terbaru-dari-perubahan-dan-faktor-algoritma/
    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel