Ada Banyak Alasan yang Menguntungkan, Kenapa Anda Harus Daftar 'Google Bisnisku'

Jika mau bersaing di era digital ini, bisnis lokal pun harus dapat ditemukan di internet
manfaat google bisnisku
Google Bisnisku
Pernahkah anda mencarian sebuah toko buku, kedai kopi atau fasilitas kesehatan menggunakan mesin pencari Google? Apa yang anda temukan? Gambar ilustrasi dibawah ini adalah tampilan di halaman hasil pencarian Google saat melakukan pencarian terhadap bisnis lokal.
Contoh Google Bisnisku, Contoh My Google Business
Hasil pencarian lokal ( pic : NiagaHosting )
Bagaimana agar bisnis Anda bisa muncul dibagian tersebut? Jawabannya adalah Google My Business, di Indonesia lebih populer dengan “Google Bisnisku”.

Google Bisnisku merupakan fasilitas bisnis yang disediakan oleh Google untuk  menampilkan dengan gamblang alamat dan profil bisnis Anda. Pelanggan atau pembeli bisa langsung datang ke tempat bisnis Anda dengan panduan Google Bisnisku dari Internet.

Potensi pengguna internet di Indonesia

Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna internet di Indonesia terus bertambah. Berdasarkan hasil studi Polling Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII), pada 2018 jumlah pengguna internet di Indonesia telah menyentuh angka 171,17 juta jiwa, setara dengan 64,8 persen dari 264,16 juta jiwa keseluruhan penduduk Indonesia. Masih dalam studi yang sama, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2017), terdapat pertambahan pengguna internet di Indonesia sebesar 27,92 juta orang alias tumbuh 10,12%.

Di awal tahun 2020, operator telekomunikasi mengungkap bahwa penggunaan internet meningkat selama pandemi virus corona (COVID-19) diseluruh dunia. Di Indonesia, sebagai konsekuensi pelaksanaan imbauan pemerintah untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah berimbas pada melonjaknya penggunaan internet.

Berdasarkan besarnya potensi penggunaan internet di Indonesia, pakar bisnis dan pemasaran mengatakan, "meng'online'kan usaha/bisnis lokal adalah salah satu cara yang paling bijak agar bisnis eksis di era digital". Cukup beralasan bila merujuk data riset Google yang melaporkan bahwa 74 persen pengguna internet menggunakan Google Search ( mesin pencarian Google ) untuk mencari informasi terkait produk.

Memahami apa itu  lokal SERP dan bagaimana cara kerja Google Bisnisku.

Di era digital ini, perilaku masyarakat telah banyak berubah. Saat seseorang menginginkan sesuatu, hal pertama yang mereka ambil adalah telepon seluler, untuk mencari kisaran harga, alamat toko, atau dimana tempat terdekat suatu produk atau jasa dijual. Hampir semua orang sekarang mencari di Google untuk apapun yang mereka cari.

Untuk memahami bagaimana Google Bisnisku memabantu meningkatkan potensi bisnis Anda, sebelumnya Anda harus memahami cara kerja mesin pencari Google dan apa itu pencarian lokal.

Bila pengguna mengetikkan kata “toko roti” kata kunci semacam itu bisa di anggap oleh Google sebagai pencarian standar untuk informasi lebih luas. Pengguna menggunakan metode pencarian dengan kata kunci yang lebih bersifat global. Sedangkan pada pencarian lokal, pengguna mengetikkan kata kunci dengan tambahan kata  “terdekat, di dekat saya atau penyebutan lokasi tertentu”, sebagai contoh kata kunci untuk pencarian lokal adalah sebagai berikut : “toko roti terdekat”, “toko roti di dekat saya” atau “toko roti di trenggalek”.

Google menyadari adanya peningkatan jumlah pencarian dengan kata kunci “near me” / “dekat saya" atau yang dikenal dengan pencarian lokal. Saat ini, sekitar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal, dan 29% pencarian lokal berujung pada pembelian.

Untuk memperbaiki kualitas hasil pencarian, Google selalu mengupdate algoritma mesin pencarinya. Pada tahun 2014 Google mengupdate algoritma untuk penelusuran lokal pada Google Maps, dimana ketika kita mencari suatu tempat, Google akan merekomendasikan tempat berdasarkan lokasi kita sebagai pengguna .

Dengan algoritma ini Google membuat bisnis lokal muncul terlebih dahulu dalam hasil penelusuran.

Contoh Hasil Penelusuran Google Bisnisku

Bila Anda mencari "grosir kaos polos" di google, maka Anda akan mendapatkan 3 list bisnis grosir kaos polos berdasarkan lokasi yang dekat dengan lokasi Anda. 
Contoh hasil pencarial lokal, Google Bisnisku di halaman pertama
Contoh hasil pencarian (pic : Kompasiana-Himam Miladi)

Coba lihatlah hasil pencarian diatas. Saat mencari kata "grosir kaos polos" ,maka Google langsung memberi hasil pencarian dengan lokasi yang paling dekat meskipun tidak secara khusus meminta hasil di dekat saya, tapi RankBrain (mesin algoritma peringkat Google) berasumsi bahwa pengguna sedang mencari sesuatu dalam jarak berkendara karena mengutamakan kenyamanan berdasarkan perilaku konsumen yang diamati.

Hasil rangking / peringkat pencarian Google ini didasarkan pada relevansi (Relevance), jarak (Distance), dan ketenaran/keunggulan (Prominence). Faktor-faktor ini kemudian digabungkan untuk membantu menemukan kecocokan terbaik untuk hasil pencarian konsumen.

Relevansi (Relevance).

Relevansi mengacu pada sebarapa baik cantuman lokal dengan apa yang dicari oleh konsumen. Maka penambahan informasi bisnis yang lengkap dan terperinci dapat membantu Google memahami bisnis Anda dengan lebih baik serta dapat mencocokkan daftar Anda dengan penelurusan yang berkaitan.

Jarak (Distance).

Google dapat melacak lokasi konsumen dan akan memberikan profil Google Bisnisku terdekat dengan lokasi konsumen di hasil pencarianya. Tapi, jika konsumen tidak menentukan lokasi dalam pencarian mereka, Google hanya akan menghitung berdasarkan apa yang diketahui tentang lokasinya.

Ketenaran/Keunggulan (Prominence).

Prominence mengacu pada seberapa tenar suatu bisnis di lokasi tersebut. Beberapa bisnis memang lebih terkenal di dunia nyata, dan Google mencoba untuk menampilkannya hal ini di peringkat lokal. Misalnya toko roti terkenal, restoran terkenal dan rumah makan terkenal akan cenderung menonjol di hasil penelusuran.

Skor peninjauan Google juga diperhitungkan melalui peringkat pencarian lokal. Banyaknya ulasan dan peringkat positif juga akan berpengaruh dalam meningkatkan bisnis di peringkat lokal bisnis.

Meskipun Google menyukai hasil pencarian berdasarkan ulasan sebuah tempat, namun Google lebih menyukai faktor kedekatan. Google berusaha untuk memprioritaskan lokasi terdekat dari suatu bisnis. Dengan algoritme yang "pro lokal" itu, Google membantu pemilik bisnis lokal mempromosikan produk dan layanan mereka kepada pelanggan di daerah sekitar pada waktu dan lokasi yang tepat ketika mereka sedang mencari layanan melalui mesin pencari Google.

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengelola kemunculan bisnis Anda di berbagai produk Google, seperti di Maps dan Penelusuran. Jika Anda menjalankan bisnis yang melayani pelanggan di lokasi tertentu, atau melayani pelanggan di area layanan yang ditentukan, Google Bisnisku dapat membantu orang lain menemukan bisnis Anda. Bisnis yang telah diverifikasi di Google berpeluang dua kali lebih besar untuk dianggap sebagai bisnis bereputasi baik oleh pengguna.

Manfaat Dan Keuntungan Mendaftar Google Bisnisku

Mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku, merupakan langkah awal menuju bisnis yang go online, ada beberapab manfaat dan keuntungan ketika bisnis Anda terdaftar di Google Bisnisku, antara lain :

1. Google Bisniksu aplikasi besutan Google

Dengan pengunjung rata-rata 30 milyar per bulan sudah tidak diragukan lagi  google mendapat peringkat mesin pencari terpopuler di dunia. Sekarang ini banyak orang lebih bergantung pada Google untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka, Google menjadi bagian besar dari cara pengguna menemukan produk maupun jasa di daerah dimana ia Tinggal.

Jika Anda seorang pemilik bisnis, tentu menginginkan bisnis Anda bisa terlihat oleh para pelanggan. maka Google Bisnisku adalah pilihan yang tepat.

2. Tercantum di Google Map dan diprioritaskan di hasil pencarian lokal Google

Di forum bisnis sering muncul pertanyaan, "Bagaimana caranya agar uasaha bisa muncul di google Map?". Bisnis yang sudah terdaftar di Google Bisnisku otomatis akan tercantum resmi di peta Google Maps. Pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda akan mudah menuju lokasi dengan bantuan Google Maps.

Selain muncul Google Maps, bisnis yang sudah terdaftar dan terverifikasi di Google Bisnisku juga lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google.
Saat pelanggan mencari kata kunci produk yang berkaitan dengan produk Anda, Google akan menampilkan daftar website sebagai hasil dari Google Ads, kemudian box berisi 3 perusahaan (inilah Google Bisnisku), dan dibawahnya daftar website yang muncul secara organik. Box Google Bisnisku ini ditampilkan dengan sangat menarik oleh Google. Ada informasi alamat, jam buka tutup, jumlah review, sehingga menimbulkan rasa ingin klik lebih besar.

4. Google Bisnisku menampilkan info bisnis yang menarik pelanggan

Perlu Anda ketahui bahwa, di Indonesia, 95 persen konsumen melakukan riset secara online melalui smartphone sebelum melakukan pembelian. Jadi ketika para konsumen hendak membeli suatu produk, menggunakan jasa atau mendatangi toko Anda hampir bisa dipastikan mereka sudah mencarinya di Google.

Melalui Google Bisnisku, pengguna internet dapat melihat berbagai informasi bisnis yang tercantum secara detail, seperti deskripsi / profil bisnis Anda, jam operasional, peta dan petunjuk arah, alamat situs, foto produk dan lokasi bisnis, tombol telepon,  hingga update promo dan event.

5. Google Bisnisku menampilkan penilaian dan ulasan pelanggan yang bisa menambah reputasi bisnis

Google Bisnisku menyediakan fitur penilaian dan ulasan pelanggan. Berdasarkan riset ReviewTrackers (2018), lebih dari 63% calon klien melihat ulasan di internet sebelum mengunjungi sebuah bisnis, sedangkan menurut trustik.com, sekitar 70 persen pembeli mempercayai ulasan pelanggan lain walaupun disampaikan oleh konsumen yang sma aekali belum mereka kenal. Bahkan, para pembeli mempercayai ulasan pelanggan 12 kali lebih besar dibandingkan keterangan produk yang berasal dari produsen.

Tidak hanya menyediakan ulasan pelanggan saja, Google Bisnisku  juga menyediakan fitur tanya jawab bagi pelanggan. Pelanggan bisa mengajukan pertanyaan tentang bisnis Anda. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa Anda jawab sebagai pemilik bisnis atau oleh pelanggan lain sehingga dapat meningkatkan interaksi antar pelanggan.

Dengan adanya penilaian, ulasan pelanggan dan tanya jawab, Google Bisnisku bisa meningkatkan kepercayaan terhadap bisnis Anda dan menjadi salah satu alat promosi online yang ampuh.

6. Mendapatkan asisten untuk membantu mengaanalis bisnis Anda

Beberapa praktisi bisnis online mengatakan bahwa Google Bisnisku adalah toko kedua. Tapi, saat menggunakan Google Bisnisku Anda tak hanya mendapatkan sebuah toko, tapi juga mendapat tenaga ahli dalam riset bisnis. Google Bisnisku menyediakan fasilitas yang bernama analisis insight yang dapat  menampilkan informasi asal kunjungan, jumlah kunjungan, tindakan yang dilakukan oleh konsumen dan berbagai informasi lainnya. Dengan mengetahui analytic tersebut, Anda bisa mengatur segala bentuk strategi pemasaran terbaik untuk bisnis  Anda.

7. Google Bisnisku dapat dijalankan di perangkat berplatform IOS (Apple) maupun Android.

Dengan Google Bisnisku Anda bisa mengelola bisnis bahkan cukup dari genggaman karena Aplikasi Google Bisnisku bisa Anda akses dan download melalui Appstore atau Google Play Store.

8. Google Bisnisku bisa tampil di semua perangkat

Google merilis data yang menunjukkan bahwa 80% pencarian lokal yang ada dilakukan dari ponsel dan tablet. Google bisnisku dirancang untuk bisa ditampilkan dengan baik pada perangkat atau layar yang lebih kecil seperti pada smartphone Android atau iPhone dan tablet berukuran sedang (mobile friendly). Hal ini tentu akan sangat memudahkan calon klien untuk menemukan bisnis Anda kapanpun dan dimanapun menggunakan smartphone atau tablet baik Android maupun iPhone.

9. Google Bisnisku gratis

Apakah google bisnis berbayar?  Untuk memiliki Google Bisnisku dan, Anda cukup gunakan satu akun gmail dan mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku. Gratis!  Seteleh melengkapi data pendaftaran Google akan melakukan verifikasi dengan mengirimkan PIN melalui kartu pos. Bila sudah diverifikasi, Anda bisa mengelola dan menampilkan bisnis Anda secara gratis.

Bila Anda ingin memulai bisnis dan ingin membuat kesan pertama yang baik pada calon pelanggan baru, mengelola keberadaan lokalnya secara online,  Google Bisnisku adalah strategi pemasaran digital yang sangat penting.

Bukan berlebihan jika para pakar bisnis dan pemasaran menyarankan untuk memaksimalkan potensi bisnis di era digital sekarang ini dengan fasilitas dari Google yaitu Google Bisnisku. 
Melalui Google Bisnisku bisnis Anda akan lebih mudah dikenal dan dicari secara digital.

Daftar Google Bisnisku

Untuk mendaftar Google Bisnisku Anda bisa lakukan melalui perangkat desktop atau notebook dan smartphone berbasis IOS atau Android.
  1. Bila Anda ingin daftar Google Bisnisku melalui dekstop atau notebook, silakan klik tautan :Daftar Google Bisnisku melalui PC atau notebook
  2. Bagi pengguna Android, unduh aplikasi Google Bisnisku melalui Playstore
  3. Bagi pengguna IOS Apple, unduh aplikasi Google Bisnisku di AppStore

(0)

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel