File Terlalu Banyak? Berikut Tips Google Drive Search untuk Menemukan File Anda

Bila file di Google Drive sudah banyak dan sulit mencari satu file, coba tips search Google Drive berikut ini.

    cara cepat menemukan file di google drive, tips mencari file di google drive dengan cepat
    Ilustrasi 7 Google Drive Search Tips to Help You Find Anything - https://www.makeuseof.com/

    J
    ika Anda termasuk orang yang menggunakan Google Drive untuk menyimpan banyak file, yang berhubungan dengan pekerjaan utamanya, pasti pernah merasakan sulit menemukan file tertentu. Ya, ketika penyimpanan online Anda sudah banyak berisi file dengan beragam ekstensi, untuk menemukan sebuah file bisa saja menjadi masalah. Terlebih jika Anda tidak menerapkan pengelompokan berdasar folder sebelumnya.

    Google Drive, Tak Hanya Menampung Semua File Tapi Juga Membantu 

    Google Drive memang menjadi sebuah solusi penyimpanan yang menarik dengan 15GB penyimpanan gratis lengkap dengan suite office online yang juga terintegrasi dengan Gmail yang mampu menunjang produktifitas Anda. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa penyimpanan online Anda tersebut menjadi begitu penuh dengan file.

    Baca : Cara menggunakan dan memanfaatkan google drive 

    Nah, untuk memudahkan menemukan apa yang sedang Anda cari dalam cloud storage tersebut, Anda bisa memanfaatkan fitur pencarian atau Drive Search yang bukan sekedar alat pencari. Jangan heran, karena fitur ini dibuat oleh Google yang merupakan raksasa mesin pencarian terbesar di internet saat ini. Ya, alat pencari dalam Drive ini semakin ditingkatkan dari kemampuan dasarnya.

    Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencoba menemukan file diantara sekian banyak data yang tersimpan dalam penyimpanan Drive;

    Cari Berdasar Jenis File (Ekstensi)

    Jika Anda paham tentang jenis file yang ditandai dengan esktensi di belakang nama file, misalnya .docx atau .jpg maka Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan pencarian. Klik bilah pencarian  untuk menemukan file PDF, dokumen teks, spreadsheet, presentasi, foto, gambar, video, audio, arsip maupun folder.

    Apabila Anda menggunakan Google Drive di komputer, silakan klik panah drop-down di bilah pencarian (alat pencarian lainnya) kemudian ketikkan pencarian file berdasar ekstensi dengan cara mengetik * . Lalu ekstensi file yang Anda inginkan dan klik cari. Contoh; ketik *.png untuk mencari file gambar PNG atau * .MP4  untuk menampilkan semua file video MP4. Dengan begitu, semua file dengan jenis sesuai yang Anda inginkan akan tampil pada hasil pencarian.

    Cari Berdasar Tanggal

    Meskipun Anda bisa menyortir file dengan urutan tanggal agar lebih mudah untuk mereview. Namun akan jadi masalah saat pengelompokan yang Anda lakukan tidak mendukung peninjauan yang lebih ringkas. Misalnya Anda ingin menemukan pembayaran tertentu pada tanggal yang sudah cukup lama terlewat atau berada pada bulan atau minggu tertentu. Mengatasinya, Anda bisa bisa menemukan beberapa rentang tanggal yang bisa Anda manfaatkan untuk mempersempit pencarian.

    Beberapa pilihan rentang yang ditampilkan antara lain; hari ini, kemarin, 7 hari terakhir, 30 hari terakhir atau 90 hari terakhir. Metode ini mendasarkan hasil pencarian berdasar waktu file tersebut diubah terakhir. Anda tidak bisa mengurutkan file berdasar pembuatannya. Untuk menerapkan pencarian dalam kurun waktu tertentu bisa dilakukan dari komputer maupun ponsel. Anda hanya perlu menentukan tanggal sebelum dan tanggal sesudah.

    Cari Berdasar Fitur Berbagi

    Anda juga bisa mencari file yang dibagikan oleh seseorang ke akun Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan pencarian ini. Anda bisa mencari file Anda sendiri ataupun milik orang lain bahkan pihak ketiga yang Anda kenali alamat emailnya. Misalnya Anda ingin mencari file yang dibagikan oleh seseorang, maka Anda bisa mengetikkan alamat email seseorang@gmail.com di kolom pencarian "dari". Begitu pula dengan mencari file yang Anda kirim ke seseorang, maka isikan lamat email pada kolom "ke".

    Cari Berdasar Judul atau File di Dalamnya 

    Pencarian Google Drive ternyata tak hanya mengenali file saja, tetapi juga berdasar apa saja yang termuat di dalamnya. Google Drive dilengkapi dengan kemampuan mengenali teks di dalam gambar yang memungkinkannya untuk mencari teks pada dokumen PDF. Tak sampai di situ, algoritme buatan Google juga bisa mengenali gambar di dalam sebuah file.

    Contoh, Anda ingin mencari foto kucing peliharaan diantara ribuan file gambar yang hanya dijuduli dengan kode-kode atau tanggal saja. Tidak ada satupun deskripsi atau tag yang menuliskan kata kucing diantara ribuan gambar tersebut. Meskipun hasil pencariannya kadang tak sempurna, Anda bisa dengan mudah mengetikkan kata "kucing" dalam kotak pencarian untuk mulai menampilkan gambar kucing diantara ribuan file tersebut. 

    Kemampuan ini nyatanya juga bisa sangat membantu, utamanya untuk file seperti foto backup dari ponsel yang seringkali tidak sempat diganti nama atau bahkan menambahkan tag dan lain sebagainya. Menemukan beberapa foto di tengah album yang panjang bisa saja menghabisakan waktu Anda yang berharga. Dan Google menyadari hal ini.

    Menggunakan Perintah Pencarian Spesifik

    Anda juga bisa melakukan pencarian dengan perintah spesifik yang mungkin tekesan lebih teknis untuk hasil pencarian yang lebih terarah. Dalam sekali pencarian, Anda bisa menggunakan cara-cara tertentu antara lain; 

    1. Gunakan tanda kutip, untuk mencari kalimat, frase atau kata spesifik. Contoh Anda ingin mencari - kalimat yang berbunyi sama persis dengan tulisan ini. Maka Anda bisa mengetikkan: "kalimat yang berbunyi sama persis dengan tulisan ini" di kolom pencarian.
    2. Gunakan atau untuk mencari kecocokan ke salah satu diantara beberapa kata kunci pencarian. Misalnya Anda ingin mencari diantara mobil motor atau sepeda. Maka ketikkan: mobil atau motor atau sepeda untuk menampilkan semua file dengan kata mobil, file dengan kata motor dan file dengan kata sepeda.
    3. Gunakan - (strip) untuk mencari file tanpa kata spesifik. Contohnya Anda ingin mencari laptop yang tidak memuat kata bekas, maka Anda bisa mengetik: laptop – bekas
    4. Gunakan aplikasi terintegrasi Google Drive yang bisa membukanya sebagai operator pencarian, contoh Anda ingin mencari semua file yang bisa dibuka oleh PicMonkey berbasis web. Anda bisa mengetikkan: aplikasi : PicMonkey 


    Melakukan Pencarian Drive di Perangkat Android

    Pada perangkat berbasis android, Anda bisa melakukan pencarian di Google Drive dengan lebih mudah menggunakan layanan perintah berbasis suara Google Now. Anda bisa membuka Google Drive atau langsung dari bilah pencarian Google di layar smartphone Anda. Berikutnya, klik ikon mikrofon dan ucapkan "carikan di Drive untuk ..." dengan jelas. Hasil pencarian akan segera ditampilkan tergantung pada kinerja smartphone Anda.

    Melakukan pencarian Drive di Perangkat iOS

    Apabila Anda menginstal aplikasi Google Drive pada perangkat iPhone atau iPad, maka Anda bisa melakukan pencarian menggunakan bilah pencarian di iOS. Pada perangkat  seperti iPhone 6s dan 6s Plus, maka Anda bisa menggunakan fitur 3D Touch lalu klik ikon Drive pada layar beranda untuk mulai melakukan pencarian.

    Harus diakui bahwa Google Drive saat ini sudah bukan lagi sekedar penampungan file secara online untuk berjaga-jaga seandainya terjadi masalah para penyimpanan fisik saja. Kini layanan cloud storage dari Google ini semakin kompetitif dengan fitur yang semakin matang dan bisa diandalkan utnuk berbagai kebutuhan. Selain itu, ia juga menawarkan berbagai kemampuan yang memang benar-benar membantu dan memudahkan penggunaan.


    Sumber :
    https://www.makeuseof.com/tag/7-google-drive-search-tips-help-find-anything/

    #BlogFromHome

    Terima kasih donasi tepuk tangannya ;-)
    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel