10 Kelebihan Podcasting yang Tidak Bisa Didapat dari Blogging

Podcast saat ini menjadi alternatif blogging yang patut diperhitungkan, apa kelebihan podsact dibandingkan blog?

    Kelebihan podcast, keuntungan podcast

    Sebagai alternatif baru yang mungkin belum begitu banyak dipelajari, wajar jika Anda merasa skeptis saat membandingkan antara blog dan podcast. Memang benar, ada banyak kelebihan yang ditawarkan blog dan tidak bisa dijanjikan oleh podcast misalnya blog lebih mudah dibuat lengkap dengan dukungan SEO serta peluang share yang lebih tinggi. Namun dari kacamata bisnis, baik itu blog, video, podcast atau bentuk konten lain tidak bisa diabaikan begitu saja. 

    Adakah Keunggulan yang Ditawarkan oleh Podcast dibanding Blog?

    Saat membahas tentang media strategi marketing, Anda sebaiknya tidak menyepelekan bentuk konten apapun. Saat Anda menilai bahwa podcast tidak akan bisa bersaing dengan blog, maka kompetitor bisa saja memanfaatkan hal ini untuk mencuri pasar Anda. tentunya Anda tidak ingin kalah start dan kurang kompetitif bukan?

    Saat ini, masing-masing jenis konten memiliki tempatnya sendiri dan bisa saja sangat bernilai tergantung bagaimana Anda memanfaatkannya. Begitu pula dengan podcast. Nah jika Anda penasaran, ada beberapa hal yang bisa ditawarkan oleh Podcast dan tidak bisa sendirian dicapai oleh sebuah blog. Simak  daftarnya.

    1. Podcast dapat mempertegas kepribadian brand

    Menebak seperti apa kepribadian sebuah brand dari tulisan dan foto di layar bisa saja sulit dilakukan oleh calon konsumen Anda. Lain dengan podcast yang dilengkapi dengan  irama, gaya bicara dan nada suara akan mempermudah orang mengetahui siapa Anda dan brand yang dikenalkan.

    2. Podcast memungkinkan hubungan yang lebih personal  

    Tak jauh dari hal pertama yang menjadi kelebihan podcast di atas, cara ini juga membuat orang lebih cepat untuk memahami siapa Anda. Tentu saja karena Anda berbicara sebagai diri Anda sendiri, tidak ada yang dibuat-buat saat Anda berbicara. Podcast mengenalkan Anda kepada calon konsumen dengan lebih natural dan manusiawi.

    3. Podcast bisa jadi sumber konten yang lebih bernilai

    Podcasting bisa menjadi cara baru dalam membangun pustaka konten evergreen (konten yang selalu relevan) dan bisa diakses dan kelak digunakan kembali. Podcasting pun dianggap sebagai cara yang lebih bernilai dan reliabel dalam menyajikan informasi. Di podcast, calon konsumen bisa mendapatkan informasi dari ahli terpercaya yang sedang diwawancara. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pada brand Anda karena ada seorang ahli yang membahasnya.

    4. Masalah waktu

    Besar kemungkinan, calon konsumen Anda bisa saja adalah orang yang sangat menghargai waktu mereka. Mereka yang umumnya adalah kalangan di usia produktif akan memastikan bahwa setiap waktu yang mereka gunakan, harus menghasilkan sesuatu. Duduk tenang, fokus dan berkonsentrasi membaca sebuah blog bisa saja terlalu banyak menyita waktu mereka dibanding apa yang bisa mereka dapat selama beberapa menit. Mendengar podcast, bisa saja sebaliknya.

    5. Mendengar podcast sambil melakukan hal lain

    Berbeda dari konten lain, podcast memungkinkan orang untuk mendengarkan sambil melakukan hal yang lain. Misalnya dalam perjalanan dari terminal ke kampus selama 10 menit, bisakah seseorang menonton video atau membaca tulisan sebuah blog sambil berjalan? inilah tempat dimana podcast mampu menarik minat lebih banyak orang.

    6. Podcast tetap ideal untuk konten panjang sekalipun

    Saat ini, generasi milenial memiliki kecenderungan enggan untuk membaca artikel yang panjang dimana 41% dari mereka tak cukup sabar untuk menuruti konten yang terlalu panjang. Di lain sisi, podcast yang dibawakan dengan tepat, mampu mengulas sesuatu lebih jauh, hal yang sulit didapat oleh kemampuan fokus para pembaca blog. Bagi sebagian besar konsumen podcast, audio 20 menit atau lebih masih cukup ideal untuk menemani perjalanan ke kantor ataupun kampus. Dan dalam durasi ini, Anda sudah bisa mendapatkan informasi yang kredibel dari ahlinya dan sudah cukup mendetail.

    7. Podcast dapat membantu Anda mengembangkan jaringan  

    Untuk membuat podcast, Anda akan mengundang pembicara tamu yang besar kemungkinan masih ada hubungannya dengan bisnis yang Anda jalankan. Misalnya, podcast memungkinkan Anda untuk berbagi ide dan gagasan atau bahkan membujuk para pejabat atau pimpinan yang mungkin enggan untuk melihat kembali kebijakan mereka yang bisa berpengaruh terhadap usaha Anda. Hal ini akan memberikan gambaran kepada pasar bahwa Anda memiliki basis jaringan yang kuat di bidang tersebut. 

    8. Podcast menjadi penunjang komunikasi yang lebih baik

    Bagi beberapa orang, berbicara di hadapan publik secara langsung bisa menjadi hal yang begitu menakutkan. Hal ini berhubungan dengan kecakapan dalam menggunakan lisan. Melalui podcast, Anda yang terus mengunggah percakapan dengan para ahli sedikit banyak akan mendengarkan suara Anda sendiri. Hal ini bisa bisa bermanfaat untuk membangun kepercayaan diri dalam hal komunikasi lisan.

    Sebuah skill dasar yang harus dikuasai setiap orang adalah berbicara dengan jelas, singkat tanpa basa-basi. Saat berbicara bisa menjadi salah satu strategi penting dalam bisnis, maka hanya dengan cara berlatih skill ini dapat dibangun. Dan podcast menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk melakukannya.

    9. Konten audio podcast bisa dimanfaatkan lebih lanjut

    Ya, konten audio yang terkesan begitu sederhana ini nyatanya masih bisa dimanfaatka lebih jauh. Misalnya, audio podcast masih bisa dirubah menjadi konten artikel untuk blog menggunakan bantuan Rev atau Sonix. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan wujud tertulis ataupun terjemahan dengan biaya yang relatif lebih murah dari bahan file audio podcast Anda tersebut. Salinan tersebut kemudian bisa dapat Anda edit untuk dipoting ke blog maupun e-book.

    Kalaupun Anda ingin melakukan hal sebaliknya, yaitu dari konten artikel blog menjadi podcast, memang bisa saja dilakukan. Anda cukup merekam seseorang yang membacakan artikel tersebut. namun apakah bacaan artikel tersebut bisa semenarik wawancara yang dilakukan dalam sebuah episode podcast?

    10. Produk smartspeaker bisa memperdengarkan podcast, bukan membacakan blog

    Selain smartwatch dan smartTV, salah satu produk teknologi yang meningkat tajam penjualannya di pasar global adalah produk smartspeaker. Sudah banyak laporan yang menyebutkan bahwa tingkat penjualan smartspeaker terus mengalami lonjakan dari tahun ke tahun. Hal ini karena makin banyaknya orang yang memiliki lebih dari satu smartspeaker di rumahnya.

    Artinya, konsumen kini lebih terbiasa dengan konten-konten audio yang diperdengarkan oleh perangkat smartspeaker tersebut. Cukup dengan perintah sederhana, sebuah smartspeaker bisa langsung memperdengarkan episode terbaru dari podcast pilihan. Sayangnya, perangkat yang memiliki harga semakin terjangkau ini masih belum bisa membacakan artikel  blog.

    Kesimpulan

    Harus diakui bahwa konten berupa blog dan video masih mendominasi dunia online saat ini. Namun dengan mengamati trend yang ada saat ini, tak dapat dipungkiri bahwa konten audio podcast sangat berpotensi untuk menggeser tempat duduk kedua sarana tersebut. Dengan sejumlah kelebihan spesifik seperti yang disebutkan di atas, bukan tidak mungkin podcast menjadi alternatif utama orang mendapatkan berbagai informasi yang diinginkannya. Siapkah Anda dengan kehadiran podcast ini? Akankah Anda ikut atau tertinggal?

    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel