Lengkap! Langkah-langkah Menanam Bunga Kenanga

Selain sebagai tumbuhan estetika ternyata bunga kenanga yang harum baunya memiliki beberapa manfaat. Bagaimana langkah-langkah menanam bunga kenanga ?

    Cara menanam bunga kenanga
    Foto : Bunga Kenanga


    Di Indonesia, bunga kenanga dikenal sebagai bunga hias yang menawan dan menarik perhatian lantaran memiliki bentuk yang cantik dan aneka warna yang menarik. Bunga kenanga dengan nama latin yaitu cananga odorata juga mengantongi banyak sekali manfaat. Semerbak harum yang dimilikinya membuat ia dimanfaatkan oleh perusahaan dalam membuat aroma parfum.

    Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara lain pun sudah mulai gemar dan koleksi bunga kenanga. Bahkan, beberapa negara sudah menjadi langganan tujuan ekspor bunga kenanga. Misalnya negara India, Vietnam, dan beberapa negara di Asean.

    Melihat dari banyaknya peminat bunga kenanga yang semakin meningkat, sebenarnya apa sih manfaatnya? Agar tidak semakin penasaran, yuk simak berbagai manfaat bunga kenanga di bawah ini.

    Manfaat bunga kenanga

    1. Menyegarkan aroma tubuh dan sebagai obat herbal

    Tidak hanya sebagai parfum, ternyata bunga kenanga juga bisa membantu mencegah bau badan dari dalam. Caranya cukup rebus 3 gelas air yang telah dicampur dengan 5-7 helai bunga kenanga, lalu minum secara teratur. Untuk mengurangi rasa pahit, Anda juga boleh mencampurkan gula merah secukupnya.

    Selain menyegarkan aroma tubuh, manfaat lain yang Anda peroleh setelah meminum air rebusan kenanga adalah juga sebagai obat herbal. Penyakit batuk juga bisa disembuhkan secara alami menggunakan air kenanga.

    2.Sebagai bahan kecantikan

    Orang orang terdahulu sudah melakukan penelitian dan mengambil manfaat dari bunga kenanga sebagai bahan kecantikan. Seperti kita tahu, minyak atsiri sangat membantu dalam perawatan kulit, khususnya untuk mengencangkan dan membuat kulit lebih halus. Dan ternyata, kandungan tersebut dapat kita temukan di dalam bunga kenanga. Oleh karena itu, banyak praktik perawatan kecantikan yang memanfaatkan bunga kenanga sebagai bahan dasar lulur dan juga masker wajah.

    3.Sebagai bahan aromaterapi

    Selain dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan, minyak atsiri juga bagus digunakan sebagai aromaterapi. Aroma bunga kenanga dapat merelaksasi adrenalin sehingga kita menjadi tenang dan nyaman.

    Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat dari bunga kenanga, tentu Anda juga penasaran, bagaimana cara menanam dan merawat bunga kenanga agar tumbuh dengan baik dan berbunga lebat. Berikut langkah langkah dan penjelasannya.

    3 Langkah Menanam Bunga Kenanga di Pekarangan Rumah

    Banyak diantara penggemar bunga yang ingin menambah koleksi tanamannya dengan budidaya tanaman kenanga. Akan tetapi, tidak semua penanam bisa mendapatkan hasil tumbuh yang bagus seperti milik tetangga. Untuk itu, yuk simak langkah langkah menanam bunga kenanga berikut agar memperoleh hasil tumbuh yang memuaskan.

    1.Siapkan lahan terlebih dahulu

    Sebelum Anda menyiapkan bibit tanaman bunga kenanga, pastikan lahan di pekarangan rumah sudah siap semua ya. Menanam bunga kenanga tidak harus langsung di tanah kok. Anda juga bisa memanfaatkan pot jika tidak ada lahan kosong yang cukup untuk ditanami. Siapkan pot dengan ukuran yang cukup agar akar pohon kenanga dapat tumbuh dengan baik.

    Selain terkait tempat, Anda juga harus pastikan tanah yang digunakan, apakah sudah gembur atau justru kering. Untuk mendapatkan hasil tanam yang baik, campurkan tanah yang tersedia dengan pupuk kompos. Selanjutnya, siram tanah yang telah dicampur dengan pupuk hingga basah. Ulangi hal itu hingga mendapatkan tekstur tanah yang gembur dan lembab. Jika sudah lembab, lahan siap digunakan.

    2.Siapkan bibit tanaman bunga kenanga

    Apabila lahan sudah siap untuk ditanami, selanjutnya siapkan bibit tanaman. Ada 3 cara untuk mendapatkan bibit bunga kenanga yang bisa Anda pilih.

    1.Membeli di toko bibit bunga

    Biasanya, toko bibit bunga menjual beragam jenis bibit bunga yang siap tanam. Jika Anda memilih untuk membeli, pastikan Anda memilih bibit bunga dengan kualitas yang bagus dan siap untuk ditanam kembali ya.

    2.Melakukan pembenihan dari bunga kenanga yang sudah tua

    Untuk cara ini, Anda harus berhati hati dan ekstra dalam merawatnya. Gunakan polybag sebagai bahan lahan. Masukkan tanah gembur dan pupuk ke dalamnya, serta bunga kenanga yang sudah tua di permukaannya. Lakukan penyiraman secara teratur, jangan terlalu basah dan jangan sampai kekeringan. Lakukan terus menerus hingga bibit tumbuh besar dan siap ditanam.

    3.Melakukan stek batang

    Cara terakhir untuk mendapatkan bibit kenanga adalah dengan cara stek pohon. Siapkan polybag beserta tanah dan pupuk, sama seperti cara sebelumnya. Potong dahan pohon kenanga yang berukuran sedang, namun sudah tidak muda. Potong cabang daun hingga memperoleh batang tanpa cabang lagi. Potong kembali batang tersebut sekitar 10 cm masing masing, dengan ujung runcing (tidak rata), agar permukaan tempat akar tumbuh lebih banyak. Tancapkan masing masing potongan batang ke dalam polybag, dan siram dengan rutin. Lakukan hingga tumbuh akar dan tunas daun. Jika tunasnya sudah memanjang dan tumbuh subur, bibit kenanga siap dipindah ke lahan yang disediakan.

    Itulah 3 cara mendapatkan bibit kenanga. Anda bebas pilih cara yang mana, yang mudah atau yang menantang?

    3.Tanam bibit tanaman pada lahan yang telah disediakan

    Setelah mendapatkan bibit kenanga hingga tumbuh dengan tinggi batang sekitar 50 cm, artinya bibit sudah siap untuk ditanam. Maka langsung pindahkan semua bibit ke lahan yang telah disiapkan, baik di dalam pot maupun di tanah langsung.

    Akan tetapi, pastikan kondisi lahan masih terawat dengan tanah gembur dan lembab ya. Pada tahap ini, perlu diperhatikan bahwa langkah tahap 1 harus dilakukan perawatan secara terus menerus hingga mendekati saat penanaman bibit bunga.

    Dalam memasukkan bibit bunga ke dalam tanah juga tidak boleh sembarangan. Gunakan alat cangkul atau sekop kecil jika menanamnya di dalam pot. Buat lubang dengan kedalaman sekitar 10 hingga 15 cm, lalu masukkan bibit tanaman bunga ke dalam tanah beserta akarnya. Jangan sampai akar bibit terpotong dari batangnya, ya.

    Jika Anda menanam lebih dari satu bibit di lahan tanah secara langsung, jangan ditanam terlalu dekat. Beri jarak sekitar 1 meter antara satu batang dengan batang yang lain. Setelah batang bibit dimasukkan ke dalam tanah, tutup kembali lubang yang masih terbuka dengan tanah. Rapatkan dan padatkan tanah agar batang berdiri lebih kokoh dan tidak mudah goyah.

    Setelah semua lubang tertutup rapat, pastikan Anda selalu menyiramnya hingga tanah mendapatkan kelembapan yang cukup. Akan tetapi, jaga porsi penyiraman ya. Jangan sampai berlebih hingga tanah tergenang air. Dan jangan pula sampai terlambat hingga kekeringan. Lakukan terus menerus hingga bunga kenanga tumbuh subur dan dewasa.

    Nah, itulah 3 langkah dalam menanam tanaman bunga kenanga. Jika Anda ingin membudidaya bunga kenanga, baik untuk usaha maupun untuk tanaman hias, pastikan Anda menerapkan langkah demi langkah di atas dengan baik. Jangan lupa lakukan perawatan dengan teratur agar pohon kenanga tetap tumbuh subur, sehat, dan berbunga yang lebat.
    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel