Mengenal Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences)

Pernahkah kamu mendengar kecerdasan majemuk? Mari kita cari tahu tentang kecerdasan majemuk.

    Multiple Intelegences
    Ilustrasi : Twenty-First Century Classroom


    P
    ernahkah kalian mempunyai teman yang dia sangat luwes menari atau bermain drama, atau membaca puisi, tetapi dia akan sangat kesulitan dalam pelajaran menghitung? Atau justru kalian sendiri yang merasakan hal sebaliknya? Mari kita cari tahu tentang kecerdasan majemuk.

    Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences) dicetuskan oleh Howard Gardner atau Antony Wilker. Gardner adalah tokoh pendidikan dan psikologi. Gardner dalam bukunya yang berjudul Frames of Mind: Teori Multiple Intelegences tahun 1983 mendefinisikan kecerdasan sebagai :
    1. Kemampuan seseorang untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan dalam kehidupan nyata,
    2. Kemampuan untuk menciptakan masalah baru untuk diselesaikan,
    3. Kemampuan untuk menghasilkan sesuatu (produk) atau menawarkan sebuah pelayanan yang dihasilkan dari kebudayaannya

    Apa sajakah yang disebut sebagai kecerdasan majemuk? Berikut adalah kecerdasan majemuk yang dimaksud :

    1. Kecerdasan Linguistik

    Merupakan kemampuan dalam menggunakan kata dengan cara yang efektif, baik untuk mempengaruhi ataupun untuk memanipulasi sesuatu. Di dalam kehidupan sehari-hari kecerdasan lingusitik bermanfaat untuk berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis. Apakah kecerdasan ini bisa dilatih? Jawabannya, bisa!

    2. Kecerdasan logis-matematis

    Adalah kecerdasan yang melibatkan ketrampilan dalam mengolah angka, atau kemahirannya dalam menggunakan logika dan akal sehat. Di dalam kehidupan sehari-hari ini bermanfaat untuk menganalisa laporan keuangan, memahami perhitungan anggaran, atau mencerna laporan sebuah penelitian.

    3. Kecerdasan visual dan spasial

    Yaitu kecerdasan yang melibatkan kemampuan seseorang dalam mem-visualisasi-kan gambar di dalam kepalanya. Dengan cara dibayangkan atau menciptakannya ke dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Kecerdasan ini juga sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, contohnya saat menghias rumah atau merancang taman, menggambar atau melukis, menikmati karya seni.

    4. Kecerdasan musik

    Yaitu kemampuan yang melibatkan kemampuan seseorang dalam menyanyikan lagu, mengingat melodi musik, mempunyai kepekaan akan irama, atau sekedar menikmati musik. Manfaat dari kecerdasan musik ini dalam kehidupan sehari-hari diantaranya yaitu ketika menyanyi, memainkan alat musik, menikmati musik di TV/ radio.

    5. Kecerdasan intrapersonal

    Adalah kemampuan yang melibatkan dalam memahami diri sendiri, serta kecerdasan untuk mengetahui siapa dirinya yang sebenarnya, dan untuk mengetahui apa kekuatan dan kelemhan dalam dirinya. Hal itu juga termasuk dalam kecerdasan dalam merenungkan tujuan hidupnya sendiri, dan untuk mempercayai diri sendiri.

    6. Kecerdasan kinestetik

    Adalah kecerdasan dari seluruh tubuh danketrampilan tangan. Di dalam kehidupan sehari-hari, kecerdasan ini sangat dibutuhkan. Contohnya pada saat membuka tutup botol, memasang lampu di rumah, memperbaiki mobil, olah raga, dan berdansa.

    7. Kecerdasan naturalis

    Adalah kecerdasan yang melibatkan kemampuan dalam mengenali bentuk alam di sekitarnya. Kecerdasan ini dalam kehidupan sehari-hari dapat berbentuk dalam kegiatan berkebun, berkemah, atau melakukan proyek ekologi.

    8. Kecerdasan eksistensial

    Yaitu kemampuan dan juga kepekaaan pada seseorang dalam menjawab segala persoalan yang terdalam, tentang perasaan manusia. Contohnya seringnya muncul pertanyaan mengapa aku ada? Apa makna dari hidup ini? Bagaimana seseorang bisa mencapai tujuan hidupnya? Dan kenapa seseorang harus mati, jikapun mati harus ke mana.

    9. Kecerdasan interpersonal

    Yaitu kecerdasan yang melibatkan kemampuan seseorang dalam memahami serta bekerja dengan orang lain. Kecerdasan ini juga mellibatkan banyak hal contohnya kemampuan berempati, kemampuan memanipulasi, kemampuan “membaca orang”, atau kemampuan berteman.

    Nah, setelah kalian mengetahui tentang kecerdasan majemuk, maka sekarang, tentukan kecerdasan apa yang kalian miliki. Untuk apa? Tentu saja untuk menghargai diri sendiri dan mensyukuri nikmat dan rejeki mengapa kalian diciptakan seperti saat ini. Bukankah kalian memiliki banyak kecerdasan? Dan bukankah kecerdasan tersebut sangat bisa dilatih dan dibiasakan? Masih mau menganggap bahwa kalian tidak cerdas?
    (0)

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel