Apa itu Fisioterapi ?

Apakah yang dimaksud dengan fisioterapi ? Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh fisioterapis untuk ....

apa itu fisioterapi
Apa itu Fisioterapi ?

Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh fisioterapis untuk memelihara, mengembangkan dan meningkatkan gerak dan fungsi manusia mulai dari bayi hingga lanjut usia. Bila kamu mengalami gangguan gerak atau kesulitan melakukan aktivitas karena cedera atau penyakit tertentu, baru saja menjalani operasi, penuaan atau ingin mencegah adanya gangguan gerak karena kondisi tersebut maka kamu bisa mengunjungi fisioterapis. 

Baca : Penyakit Apa Saja yang Bisa di Fisioterapi?

Layanan fisioterapi bisa didapatkan di rumah sakit (baik di unit fisioterapi, unit stroke, unit rehabilitasi medik maupun ICU), klinik fisioterapi, praktik fisioterapi perorangan dan di sebagian puskesmas.

Pelayanan fisioterapi secara eksklusif dilakukan oleh seorang fisioterapis. Seorang fisioterapis terdidik dan terlatih untuk memeriksa kondisi pasien, merumuskan diagnosis dan membantu pasien memahami masalah kesehatan yang dialaminya.

Seorang fisioterapis dapat membantu manusia mulai dari bayi hingga lanjut usia, ketika gerakan dan fungsi mereka terancam oleh suatu cedera, penuaan, penyakit atau faktor lingkungan.

Jika dokter atau perawat memiliki sebutan ‘dok’ atau ‘sus’, kamu bisa memanggil fisioterapis dengan sapaan ‘fisio’.

"Hallo, Fisio Yanti..."

"Selamat siang , Fisio Daniel..."

Definisi Fisioterapi  :

Berikut ini definisi fisioterapi yang dikutip dari berbagai sumber otoritatif.

  • Menurut Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) fisioterapi adalah pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh fisioterapis untuk mengoptimalkan kualitas hidup dengan cara mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi yang berpotensi terganggu oleh faktor penuaan, cedera, penyakit, gangguan fisik dan faktor lingkungan yang terjadi sepanjang daur kehidupan, melalui metode manual, peningkatan kemampuan gerak, penggunaan peralatan, pelatihan fungsi, dan komunikasi (Standar Profesi Fisioterapi, Ikatan Fisioterapi Indonesia, 2018)
  • Menurut World Physio, fisioterapi adalah layanan yang diberikan oleh fisioterapis kepada individu dan populasi untuk mengembangkan, memelihara, dan mengembalikan gerakan maksimum dan kemampuan fungsional sepanjang umur. Layanan ini diberikan dalam keadaan di mana gerakan dan fungsi terancam oleh penuaan, cedera, rasa nyeri, penyakit, gangguan, kondisi dan / atau faktor lingkungan dengan pemahaman bahwa gerakan fungsional merupakan pusat dari apa artinya menjadi sehat. (Description ofphysical therapy Policy statement World Physio 2019)

  • Menurut kementerian kesehatan RI, fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi, dan komunikasi. (Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 65 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Fisioterapi)  

 


*) artikel ini ditulis oleh fisoterapis, didedikasikan untuk profesi fisioterapi, fisioterapis dan masyarakat yang memerlukan informasi mengenai fisioterapi. 

Write a comment