Pantai Ngalamun, Surga Tersembunyi di Ujung Barat Trenggalek

Bagi kamu para penghobi petualangan alam dan pemburu spot yang instagramable, jangan lewatkan Pantai Ngalamun/Tirisan.

Pantai ngalamun trenggalek
Foto Pantai Ngalamun dari urbanasia.com
 

Pantai Ngalamun atau yang juga disebut Pantai Tirisan adalah salah satu surga yang ditawarkan Kabupaten Trenggalek. Spot terbaik untuk berpetualang dan menikmati indahnya laut dan pantai yang sesungguhnya.

Masih perawan, tidak banyak pengunjung, dan tentu saja jauh dari keramaian. Kamu akan dimanjakan oleh alam yang belum terjamah dan masih sangat asri.

Dijamin perjalanan kamu akan menjadi pengalaman indah yang tidak akan terlupakan.

Bagaimana Caranya Sampai ke Pantai Ngalamun/Tirisan?

Pantai Ngalamun/Tirisan berada di ujung barat Trenggalek dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Pacitan.

Untuk menuju Pantai Ngalamun, kamu harus singgah dulu di Pantai Wawaran - Pacitan. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua.

Manfaatkan Google Maps untuk mengantarmu masuk ke Kabupaten Pacitan. Terus lanjutkan perjalanan kamu menuju Pantai Wawaran.

Untuk menuju Pantai Wawaran, membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan roda dua.

Jika kamu dari arah barat, kamu bisa mengikuti petunjuk arah yang sudah di pasang di beberapa lokasi.

Jika tidak, arahkan kendaraan kamu menuju Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Pacitan.

Caranya, terus lewati daerah Pacitan dengan jalan beraspal di perkebunan sampai perkampungan dan ikuti jalan sampai di pertigaan Arum, belok kiri.

Kamu akan melewati dari jalan yang menurun ini kamu sudah bisa merasakan udara dingin dan sejuk dengan pemandangan yang hijau. Terus sampai kamu menemukan gapura masuk Dusun Ngobyok, Pacitan.

Setelah melewati perkampungan dan perkebunan nanti di sebelah kanan kamu melihat Pantai Wawaran dari ketinggian.

Sampai di Pantai Wawaran, pantai yang merupakan tempat nelayan mencari ikan, terdapat cukup banyak perahu.

Ada tempat teduh khusus untuk parkir dan parkir kendaraan kamu di sana. Di sebelah tempat parkir, kamu akan menemukan jalan yang sedikit menanjak. Itulah pintu masuk untuk petualangan berjalan kaki.

Sekarang, waktunya berpetualang !

Dari titik ini, kamu bisa mulai petualangan kamu untuk menuju ke Pantai Tirisan atau Ngalamun yang berjarak sekitar 1 km.

Butuh waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam untuk sampai ke Pantai Ngalamun/Tirisan. Namun di sepanjang perjalanan aja kamu sudah akan disuguhkan dengan pemandangan hijau dan lautan dari ketinggian.

Jangan lupa selalu siapkan kamera, karena terdapat banyak spot-spot keren untuk berfoto dari ketinggian.

Terus ambil jalan lurus sampai kamu menemukan jalan menurun menuju tepi laut.

Itulah pantai paling ujung di Kabupaten Trenggalek dan satu-satunya pantai di Kecamatan Panggul yang memiliki pasir berwarna putih.

Keindahan Alam yang Sempurna di Pantai Ngalamun/Tirisan

Pasir Putih menjadi ciri khas utama dari Pantai Ngalamun/Tirisan. Namun tidak hanya pasir, menginjakkan kaki di Pantai Ngalamun kamu akan disambut pemandangan yang luar biasa.

Suara ombak yang bergemuruh merdu menyapu pasir putih yang cukup landai. Mengalir lembut di antara batu-batu karang kecil di tepi pantai yang diselimuti rumput laut.

Kamu bisa bermain air di bebatuan ini yang menjadi tempat menggenangnya air laut dan dipenuhi keragaman biota laut.

Di sekitar pantai, ditumbuhi pepohonan hijau dan pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Bagaimana tidak, Pantai Ngalamun masuk dalam kawasan pegunungan Desa Besuki. Berada tepat di tepi hutan membuat suasana segar yang ditawarkan menjadi lebih terasa asri.

Nikmati variasi warna menakjubkan dari birunya laut, putihnya pasir, dan hijaunya perbukitan yang indah mengelilingi lautan.

Spot Keren Pantai Ngalamun/Tirisan dari Ketinggian

Naik ke atas bukit dan temukan diri kamu di antara hamparan hijau yang hampir mirip dengan bukit teletubies. Bukit-bukit hijau di sekitar yang berdiri indah di atas lautan.

Dari atas tebing ini kamu akan melihat Pantai Tirisan dari ketinggian dengan angin yang sangat kencang.

Lihatlah bagaimana kencangnya ombak menerjang batu karang dan beberapa perahu nelayan yang berlayar di kejauhan.

Selain duduk santai, berfoto adalah pilihan terbaik selama kamu masih berada di sini. Selfie dengan latar laut biru yang jernih dan dipenuhi pantulan sinar matahari yang tampak seperti kilauan mutiara di perairan.

Bagi kamu para penghobi petualangan alam dan pemburu spot yang instagramable, jangan lewatkan Pantai Ngalamun/Tirisan. Lalu dapatkan liburan dan petualangan yang sempurna.

Write a comment