Bagaimana Fisioterapis Membantu Pasien Menangani Masalah Overthinking Saat Nyeri Pinggang ?

Artikel ini menjelaskan bagaimana fisioterapis membantu pasien menangani masalah overthinking saat nyeri pinggang
cemas saat sakit pinggang

Nyeri pinggang adalah salah satu keluhan muskuloskeletal yang paling umum di masyarakat. Nyeri pinggang dapat mempengaruhi kualitas hidup, produktivitas kerja, dan kesejahteraan psikologis seseorang. Banyak faktor yang dapat menyebabkan atau memperburuk nyeri pinggang, seperti postur tubuh, aktivitas fisik, gaya hidup, faktor psikososial, dan kondisi medis tertentu.

Salah satu faktor psikososial yang dapat berperan dalam nyeri pinggang adalah overthinking. Overthinking adalah kecenderungan untuk berpikir berlebihan atau terlalu banyak menganalisis suatu situasi atau masalah. Overthinking dapat menyebabkan stres, kecemasan, depresi, dan rasa takut yang berlebihan. Overthinking juga dapat mempengaruhi persepsi seseorang terhadap nyeri dan respons tubuhnya terhadap nyeri.

Apa itu Pain Neurosains Education dan Cognitive Functional Therapy?

Pain neurosains education (PNE) adalah pendekatan edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pasien tentang mekanisme dan makna nyeri. PNE menjelaskan bahwa nyeri adalah hasil dari interaksi antara sistem saraf, sistem imun, dan sistem endokrin yang dipengaruhi oleh faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosial. PNE juga menjelaskan bahwa nyeri bukan hanya indikator kerusakan jaringan, tetapi juga dipengaruhi oleh konteks, harapan, keyakinan, emosi, dan perilaku seseorang.

Cognitive functional therapy (CFT) adalah pendekatan terapi yang terintegrasi yang menggabungkan PNE dengan latihan gerak, konseling gaya hidup, dan modifikasi perilaku. CFT bertujuan untuk mengubah pola pikir dan perilaku pasien yang tidak sehat dan maladaptif yang berkaitan dengan nyeri pinggang. CFT juga bertujuan untuk meningkatkan fungsi fisik, kemandirian, dan kesejahteraan pasien dengan nyeri pinggang.

Bagaimana Fisioterapis Membantu Pasien dengan Overthinking Saat Nyeri Pinggang?

Fisioterapis adalah salah satu tenaga kesehatan profesional yang dapat membantu pasien dengan overthinking saat nyeri pinggang. Fisioterapis dapat menggunakan PNE dan CFT sebagai alat untuk mengedukasi, memotivasi, dan membimbing pasien dalam mengelola nyeri pinggang mereka.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan fisioterapis dalam membantu pasien dengan overthinking saat nyeri pinggang:

  1. Melakukan asesmen komprehensif untuk mengetahui penyebab, faktor risiko, dampak, dan harapan pasien terkait nyeri pinggang mereka.
  2. Memberikan PNE secara individual dan sesuai dengan kebutuhan pasien untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mereka tentang nyeri dan cara mengatasinya.
  3. Mengidentifikasi pola pikir dan perilaku yang tidak sehat dan maladaptif yang mungkin dimiliki pasien terkait nyeri pinggang mereka, seperti menghindari aktivitas
  4. Mengajarkan CFT secara individual dan sesuai dengan kebutuhan pasien untuk mengubah pola pikir dan perilaku mereka menjadi lebih sehat dan adaptif terkait nyeri pinggang mereka, seperti meningkatkan aktivitas fisik, mengurangi stres, mengatasi kecemasan, dan meningkatkan koping positif.
  5. Memberikan latihan gerak yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan pasien untuk meningkatkan fungsi fisik, fleksibilitas, kekuatan, dan ketahanan otot punggung dan tubuh lainnya.
  6. Memberikan konseling gaya hidup yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pasien untuk meningkatkan kualitas hidup, kesehatan mental, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
  7. Melakukan evaluasi dan tindak lanjut secara berkala untuk menilai kemajuan dan hasil pasien serta memberikan umpan balik dan dukungan yang diperlukan.

Kesimpulan

Nyeri pinggang adalah masalah kesehatan yang kompleks yang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk overthinking. Overthinking dapat menyebabkan atau memperburuk nyeri pinggang dengan cara mempengaruhi persepsi dan respons tubuh terhadap nyeri. Fisioterapis dapat membantu pasien dengan overthinking saat nyeri pinggang dengan menggunakan PNE dan CFT sebagai pendekatan terapi yang terintegrasi. PNE dan CFT dapat membantu pasien meningkatkan pemahaman, motivasi, dan keterampilan mereka dalam mengelola nyeri pinggang mereka secara efektif.

Daftar Pustaka:

  1. Devonshire J, O’Sullivan P, O’Sullivan K. Effectiveness of cognitive functional therapy for reducing pain and disability in chronic low back pain: a systematic review and meta-analysis. Journal of Orthopaedic & Sports Physical Therapy. 2023;53(1):1-13.
  2. Fersum KV, O’Sullivan P, Skouen JS, Smith A, Kv√•le A. Efficacy of classification-based cognitive functional therapy in patients with non-specific chronic low back pain: a randomized controlled trial. European Journal of Pain. 2013;17(6):916-928.
  3. Physiotutors. Cognitive Functional Therapy: Making Sense of Low Back Pain - Webinar. https://study.physiotutors.com/course/cognitive-functional-therapy/. Diakses pada 14 April 2023.

Seorang blogger yang gemar membaca dan menulis tentang apa saja untuk siapa saja ;-)