Pengertian QRIS, Tujuan, Manfaat dan Cara Daftar QRIS

Pengertian QRIS, Tujuan, Manfaat dan Cara Daftar QRIS
QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) : Solusi efektif untuk seluruh transaksi pembayaran dengan menggunakan QR Code

Sejak Januari 2020 lalu, telah diwajibkan bagi penyedia layanan pembayaran non-tunai untuk mengadopsi sistem QRIS. Apa itu QRIS? Baca pengertian QRIS, tujuan, manfaat sampai cara mendaftar QRIS.

Bahkan Anda juga akan mengetahui bagaimana cara bertransaksi dengan metode pembayaran QRIS yang tergolong lebih sederhana.

Pengertian QRIS

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah solusi efektif untuk seluruh transaksi pembayaran dengan menggunakan QR Code. Artinya, cukup satu QR Code untuk semua jenis pembayaran digital.

Baik melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, mobile banking, atau dompet digital.

Bahkan hal tersebut sudah diatur dalam PADG No.21/18/2019 tentang Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran.

Cara Bertransaksi QRIS

Saat Anda memutuskan menggunakan QRIS untuk bertransaksi, penawaran kemudahan bisa Anda dapatkan. Karena yang Anda perlukan hanyalah dompet digital dari salah satu PJSP di smartphone.

Tentunya yang sudah mendapatkan izin beroperasi dari BI (Bank Indonesia) dan dapat diisi dengan sumber uang Anda.

Cukup download aplikasi QRIS atau dompet digital lalu lakukan pendaftaran. Kemudian transfer dari kartu debit atau kredit untuk mengisi saldo dompet digital Anda.

Untuk bertransaksi, ada MPM (Merchant Presented Mode) dan CPM (Customer Presented Mode). Di mana MPM menawarkan jenis pembayaran statis dan dinamis.

Dengan CPM, pihak merchant yang melakukan scan pada QR Code konsumen. Sedangkan MPM, pihak merchant yang menunjukkan print-out QR Code untuk di scan oleh konsumen.

Contoh cara penggunaan QRIS dengan MPM:

  • Buka aplikasi dompet digital.
  • Pilih tombol scan QR dan arahkan ke kode QR yang ditunjukkan merchant.
  • Lalu konfirmasi pembayaran dan masukkan PIN Anda.
  • Transaksi berhasil dan pihak merchant juga akan menerima notif melalui email.

Namun batasan nominal transaksi dengan QRIS hanya sampai Rp.2 juta. Meski demikian, PJSP juga dapat menentukan batas berdasarkan penggunaan untuk per hari atau per bulan kepada masing-masing pengguna.

Tujuan QRIS

Berikut beberapa tujuan dikembangkannya sistem pembayaran dengan satu macam kode QR:

  • Supaya proses transaksi non-tunai menjadi lebih efektif dan efisien.
  • Karena dapat digunakan lintas platform dan aplikasi pembayaran, maka pengaturan dapat diawasi cukup dari satu pintu.
  • Supaya tercipta sistem pembayaran yang mudah, cepat, aman, dan handal.

Manfaat QRIS

Kehadiran metode pembayaran QRIS telah memberikan banyak keuntungan baik bagi pembeli maupun penjual.

Karena ada beragam manfaat QRIS sebagai alternatif pembayaran yang akan Anda dapatkan, di antaranya:

1. Transaksi Mudah

Jika biasanya merchant harus mendaftar pada masing-masing PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran), sekarang tidak. Anda dapat bermitra hanya dengan satu dompet digital dari PJSP untuk menerima pembayaran dari semua dompet digital PJSP lainnya.

Jadi, pemilik usaha tidak perlu lagi melakukan banyak pendaftaran di berbagai macam layanan pembayaran digital yang kemungkinan digunakan pelanggan.

Lebih dari itu, Anda dapat dengan mudah mengontrol keuangan. Karena semua transaksi tercatat secara otomatis dengan QRIS.

Sehingga merchant dapat dengan mudah menganalisis pemasukan dalam beberapa waktu. Bahkan juga mudah untuk mengetahui prime time.

2. Mempercepat Transaksi

Tidak hanya kemudahan, tapi QRIS juga menawarkan kecepatan dalam bertransaksi. Karena tidak perlu ada lagi drama mencari uang dengan nominal kecil untuk kembalian atau mencari uang pas untuk membayar.

Cukup scan, tentukan nominal, dan selesai.

Jadi pembeli tidak perlu membawa uang tunai untuk melakukan pembayaran. Karena uang yang di butuhkan sudah ada di dompet digital.

3. Praktis dan Aman

Anda dapat bertransaksi secara praktis dan aman karena tidak perlu membawa banyak uang tunai yang dapat memicu pencurian maupun kehilangan. Karena semua uang yang Anda butuhkan sudah tersimpan dalam bentuk digital.

Bahkan jaminan keamanan dapat dipercaya karena alat transaksi QRIS merupakan produk dari Bank Indonesia.

4. Meminimalisir Penipuan

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan penggunaan uang palsu yang tentunya sangat merugikan penjual maupun pembeli. Namun sekarang dengan QRIS, Anda tidak akan lagi berurusan dengan pengecekan keaslian uang setiap melakukan transaksi.

5. Memperluas Jaringan Penjualan

Memiliki alternatif pembayaran selain cash dan menyesuaikan dengan tren pembayaran sistem non-tunai. Artinya, ada potensi bagi penjual untuk memperluas jaringan.

6. Tanpa Pengelolaan Uang Tunai

Dengan Qris, Anda tidak perlu lagi mengelola uang tunai atau mengelola keluar masuknya uang. Karena semua transaksi sudah terdata secara otomatis.

Bahkan metode pembayaran ini juga efektif mengurangi risiko kehilangan atau berkurangnya jumlah uang.

7. Memudahkan Sistem Kredit

Sebagai pemilik merchant, saat menggunakan QRIS, artinya Anda yang sudah membangun credit profile. Maka dari itu mudah bagi Anda untuk mendapatkan kredit.

Cara Daftar QRIS

QRIS telah mempermudah cara untuk menjadi merchant. Karena yang perlu Anda lakukan hanya daftar QRIS dengan mengunjungi situs QRIS.id dan mengisi form pendaftaran dengan benar.

Setelah membaca pengertian QRIS, tujuan, manfaat sampai cara mendaftar QRIS, tentunya sekarang Anda sangat memahami apa itu QRIS. Berbagai kemudahan yang ditawarkan akan sangat membantu baik bagi Anda sebagai pembeli maupun merchant.

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *